Tautan-tautan Akses

Pemerintah Federal Kirim US$60 Juta untuk Bangun Jembatan yang Runtuh di Baltimore


Foto dari udara yang menunjukkan kapal kargo Dali tejebak pada struktur jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, pada 26 Maret 2024. (Foto: Maryland National Guard via AP)
Foto dari udara yang menunjukkan kapal kargo Dali tejebak pada struktur jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, pada 26 Maret 2024. (Foto: Maryland National Guard via AP)

Pemerintah Amerika Serikat menyerahkan bantuan darurat federal sebesar US$60 juta kepada negara bagian Maryland pada Kamis (28/3) sebagai respons atas insiden runtuhnya jembatan Francis Scott Key di Baltimore, sebuah langkah pencairan dana super cepat setelah bencana semacam itu terjadi.

“Saya bisa laporkan pada petang ini, bahwa pemerintahan Biden-Harris telah menyetujui permintaan kami. Kami sangat berterimakasih kepada Presiden Biden, Menteri Transportasi Buttigieg, kepada perwakilan pemerintah federal dan semua mitra federal kami,” kata Gubernur Maryland, Wes Moor, pada Kamis dalam penjelasan kepada pers.

Jembatan itu runtuh pada Selasa (26/3) dini hari setelah sebuah kapal kargo besar yang kehilangan daya, meluncur ke struktur jembatan di pelabuhan Baltimore itu. Dua jenazah telah diangkat dan empat korban lain yang hilang dinyatakan meninggal.

“Kita harus membangun kembali jembatan Francis Scott Key. Ke depannya, Anda bisa menantikan pembaruan rutin dari setiap empat arahan ini, tetapi saya ingin perjelas, pekerjaan ini tidak hanya akan memakan waktu berjam-jam. Tidak hanya memakan waktu berhari-hari, atau berminggu-minggu. Kita memiliki perjalanan yang panjang di depan kita. Kita memahami itu dan kita bersiap diri,” tambah Moore.

Dia juga mengatakan, “Anda berkesempatan melihat puing-puing itu dari kejauhan. Kemarin, kami berkesempatan melihat itu dari dekat. Dan ketika Anda memiliki kesempatan melihatnya dari dekat, Anda sepenuhnya memahami besarnya tantangan ini. Ini adalah pekerjaan yang luar biasa kompleks, dan lini masa kita akan panjang.”

Moore telah mengajukan permintaan dana bantuan sebesar $60 juta pada Kamis pagi, dan Bidang Administrasi Jalan Raya Federal dari Departemen Transportasi AS, menyetujuinya dalam hitungan jam.

Pendanaan semacam itu biasanya membutuhkan waktu berhari-hari, tetapi Presiden Joe Biden mengatakan kepada para jurnalis pada Selasa, bahwa dia telah memberi arahan kepada pemerintah federal untuk “mengerahkan segala daya upaya” untuk secara cepat membangun kembali jembatan itu. [ns/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG