Tautan-tautan Akses

Penembakan Fatal di Lokasi Syuting "Rust," Pengawas Senjata Divonis 18 Bulan Penjara


Hannah Gutierrez-Reed, pengawas senjata dalam film "Rust," menghadiri persidangan atas kasusnya di pengadilan distrik pertama di Santa Fe, New Mexico, pada 15 April 2024. (Foto: Eddie Moore/Pool via Reuters)
Hannah Gutierrez-Reed, pengawas senjata dalam film "Rust," menghadiri persidangan atas kasusnya di pengadilan distrik pertama di Santa Fe, New Mexico, pada 15 April 2024. (Foto: Eddie Moore/Pool via Reuters)

Seorang pengawas senjata dalam film “Rust,” Hannah Gutierrez-Reed, divonis hukuman 18 bulan penjara dalam kasus penembakan fatal terhadap seorang sinematografer oleh bintang film Alec Baldwin di lokasi syuting film itu. Sidang pengadilan pada hari Senin (15/4) itu dihadiri oleh anggota keluarga dan teman-teman korban, yang memberikan kesaksian dengan tersedu sedan dan menuntut hukuman tegas agar menanamkan pertanggungjawaban yang lebih besar bagi keselamatan di lokasi syuting film.

Sebelumnya pada bulan Maret lalu,Gutierrez-Reed telah divonis bersalah oleh juri atas tuduhan pembunuhan tidak disengaja yang mengakibatkan kematian sinematografer Halyna Hutchins. Ia telah ditahan selama lebih dari satu bulan di sebuah penjara daerah di pinggiran Santa Fe. Jaksa penuntut menyalahkan Gutierrez-Reed karena tanpa disadari membawa peluru tajam ke lokasi syuting "Rust," yang secara tegas telah dilarang. Ia juga dinilai gagal mengikuti protokol keamanan senjata dasar.

Gutierrez-Reed tidak berhasil mendapatkan hukuman yang lebih ringan meskipun sebelumnya mengatakan kepada hakim bahwa dia bukanlah monster seperti yang diberitakan orang-orang, dan bahwa dia telah berusaha melakukan yang terbaik di lokasi syuting meskipun tidak memiliki "waktu, sumber daya, dan staf yang memadai."

Baldwin jalani sidang pada Juli

Baldwin, pemeran utama dan salah satu produser film "Rust," menodongkan pistol ke arah Hutchins saat latihan di lokasi syuting di luar Santa Fe pada Oktober 2021, ketika pistol tersebut meletus. Tembakan itu menewaskan Hutchins dan melukai sutradara Joel Souza.

Baldwin telah menyatakan ia tidak bersalah atas tuduhan pembunuhan tidak disengaja. Dia dijadwalkan untuk diadili pada bulan Juli di gedung pengadilan di Santa Fe.

Hukuman terhadap Gutierrez-Reed dijatuhkan oleh Hakim New Mexico, Mary Marlowe Summer, yang juga mengawasi persidangan terhadap Baldwin. Hakim mengatakan hukuman yang lebih rendah dari hukuman maksimum tidak akan sesuai mengingat kecerobohan Gutierrez-Reed itu merupakan pelanggaran kekerasan yang serius.

Pengacara yang berbasis di Los Angeles, Gloria Allred, membacakan pernyataan dari ibu Hutchins, Olga Solovey, yang mengatakan hidupnya telah terbelah menjadi dua dan waktu tidak dapat menyembuhkan, bahkan hanya memperpanjang rasa sakit dan penderitaannya. Sebuah video yang memperlihatkan Solovey, yang tinggal di Ukraina, menangis memikirkan putrinya yang tewas juga diputar di pengadilan.

"Kehilangan anak adalah hal yang paling sulit. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkannya," kata Solovey dalam bahasa ibunya.

Pengacara berupaya keras bela Gutierrez-Reed

Pengacara Gutierrez-Reed meminta keringanan hukuman – termasuk kemungkinan pembebasan bersyarat – yang akan menghindari hukuman penjara lebih lanjut dan tidak akan ada keputusan bersalah dalam catatannya jika syarat-syarat tertentu dipenuhi.

Gutierrez-Reed dibebaskan dalam persidangan atas tuduhan bahwa ia merusak bukti dalam penyelidikan "Rust." Dia juga mengaku tidak bersalah atas tuduhan kejahatan terpisah bahwa dia diduga membawa senjata api ke sebuah bar di Santa Fe di mana senjata api dilarang.

Pengacaranya menyoroti usia Gutierrez-Reed yang masih relatif muda "dan dampak buruk yang akan ditimbulkan oleh tindak pidana terhadap kehidupannya di masa depan."

Mereka mengatakan perempuan berusia 26 tahun itu akan selamanya terdampak secara negatif oleh publisitas yang intens terkait dengan penuntutannya secara paralel dengan aktor papan atas, dan telah menderita kecemasan, ketakutan, dan depresi sebagai akibatnya.

Jaksa penuntut khusus Kari Morrissey mendesak hakim untuk menjatuhkan hukuman penjara maksimum dan menetapkan Gutierrez-Reed sebagai "pelaku kekerasan serius" untuk membatasi kelayakannya mendapatkan pengurangan hukuman di kemudian hari, dengan menggambarkan perilaku terdakwa di lokasi syuting itu sebagai “luar biasa ceroboh.” [em/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG