Tautan-tautan Akses

Lukisan Karya Hitler Dilelang


Tandatangan diktator Jerman, Adolf Hitler, terlihat di salah satu di kantor pencatatan di Munich, di balai lelang Weidler, Nuremberg, 18 November 2014.
Tandatangan diktator Jerman, Adolf Hitler, terlihat di salah satu di kantor pencatatan di Munich, di balai lelang Weidler, Nuremberg, 18 November 2014.

Sebuah lukisan cat minyak yang diyakini karya diktator Nazi, Adolf Hitler, akan dilelang pekan depan dengan harga antara 60 ribu euro ($74 ribu), kata sebuah balai lelang Jerman, Kamis (5/4), Reuters melaporkan. Lukisan itu bergambar seorang kekasih Hitler.

Lukisan berukuran 63 x 48 cm, ditandatangani oleh A. Hitler, 1916, adalah potret Charlotte Lobjoie, seorang perempuan Perancis yang bertemu Hitler ketika dia sedang bertugas dalam Perang Dunia Pertama, menurut Werner Maser, seorang ilmuwan ahli Hitler yang meninggal 2007.

“Portrait of a Girl,” lukisan yang sudah di bahan goni, dibeli oleh para industrialis Flemish sekitar 1967, kata rumah lelang Weidler di Nuremberg dalam pernyataannya.

Menurut Weidler, lukisan itu dilengkapi dokumen-dokumen yang menunjukkan lukisan itu pernah di pamerkan di beberapa galeri senin di Jepang.

Lukisan yang tampaknya berlatar belakang pemandangan desa, menggambarkan seorang perempuan menggunakan selendang di kepalanya yang membentuk bayangan di wajahnya. Dia memegang garpu rumput.

Maser, yang disebut oleh Weidler dalam pernyataannya, menulis beberapa buku mengenai Hitler yang memberikan gambaran pemikiran pemimpin Nazi ini melalui lukisan-lukisannya, surat-surat dan catatan-catatan.

Hitler melukis untuk mendapatkan nafkah pada sekitar 1920 sebelum naik ke tampuk kekuasaan dan memimpin Jerman masuk ke Perang Dunia II. Ketika pasukan Soviet mendekati markasnya di Berlin, Hitler bunuh diri pada April 1945, bersama dengan kekasihnya Eva Braun, yang baru saja dinikahi.

Pada 2015, Weidler menjual lukisan cat air Kastil Neuschwanstein di Bavaria, yang juga ditandatangani oleh A. Hitler dan diyakini sebagai karya pemimpin Nazi. Lukisan itu terjual di lelang seharga 100 ribu euros. [ft]

XS
SM
MD
LG