Tautan-tautan Akses

Pakistan, India Umumkan Kesepakatan Perbatasan


Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi berbicara di Islamabad.
Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi berbicara di Islamabad.

India dan Pakistan telah sepakat untuk membangun koridor lintas batas baru untuk memungkinkan para pemeluk agama dari komunitas minoritas Sikh di India berkunjung ke sebuah kuil suci bersejarah di sisi perbatasan Pakistan.

Para pengamat mengatakan uluran tangan untuk untuk membangun pintu masuk itu dapat membantu mengurangi ketegangan perbatasan sejak lama antara dua negara yang bersenjata nuklir tersebut.

Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mehmood Qureshi mengatakan, Kamis (22/11), pemerintahnya telah menyampaikan kepada New Delhi keputusan untuk membuka Koridor Kartarpur yang diusulkan itu bagi perayaan tahun ke 550 kelahiran Guru Nanak, pendiri Sikhisme tahun depan.

Kementerian Luar Negeri India, dalam sepucuk surat yang dikirim melalui misi diplomatik Pakistan di New Delhi, mengatakan pemerintahnya telah “menghubungi dan mendesak" Pakistan "untuk menanggapi perasaan komunitas Sikh" dan membangun Koridor Kartarpur dengan "fasilitas yang sesuai" supaya mempermudah kunjungan peziarah dari India.

Koridor perbatasan yang diusulkan itu bertujuan untuk menghubungkan tempat suci Sikh di Dera Baba Nanak di India ke Kartarpur Gurdwara atau kuil Kartarpur di kota Narowal, Pakistan. Jaraknya tak sampai tiga kilometer dari perbatasan dengan India dan dianggap sebagai gurdwara pertama yang pernah dibangun. Tempat ibadah itu juga dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir pendiri Sikhisme tersebut. (is/rw)

Recommended

XS
SM
MD
LG