Tautan-tautan Akses

KTT Iklim di Polandia Upayakan Transisi dari Bahan Bakar Fosil


A boy plays as people attend Eid al-Fitr prayers to mark the end of the holy fasting month of Ramadan in Peshawar, Pakistan.
A boy plays as people attend Eid al-Fitr prayers to mark the end of the holy fasting month of Ramadan in Peshawar, Pakistan.

Wakil-wakil sejumlah negara mengadakan pertemuan di Polandia untuk meredam perubahan iklim, tiga tahun setelah menyetujui perjanjian penting di Paris yang menetapkan target untuk menjaga pemanasan global di bawah dua derajat Celsius atau sekitar 3,6 derajat Fahrenheit. Pertemuan di bagian selatan kota Katowice ini dimulai hari Minggu (2/12) atau satu hari lebih dulu dari rencana semula.

Sejumlah menteri dan kepala pemerintahan akan ikut bergabung pada hari Senin (3/12) ketika Polandia, yang menjadi tuan rumah, akan menyampaikan deklarasi bersama untuk memastikan ‘’transisi’’ penutupan industri-industri bahan bakar fosil sebagai upaya mengurangi emisi gas rumah kaca.

Pertemuan ini mendapat dukungan luas sepanjang akhir pekan, setelah 19 negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia yang mengikuti KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, memastikan komitmen pada perjanjian iklim Paris yang dicapai tahun 2015 lalu. Satu-satunya negara yang tidak menyampaikan komitmen akan hal itu adalah Amerika.

Pertemuan tentang perubahan iklim ini akan berlangsung hingga 14 Desember mendatang. [em]

Recommended

XS
SM
MD
LG