Tautan-tautan Akses

Kandidat Partai Republik Terpilih Jadi Gubernur Virginia


Glenn Youngkin di Chantilly, Virginia, bersiap memberikan sambutan setelah terpilih sebagai Gubernur negara bagian Virginia, 3 November 2021.
Glenn Youngkin di Chantilly, Virginia, bersiap memberikan sambutan setelah terpilih sebagai Gubernur negara bagian Virginia, 3 November 2021.

Glenn Youngkin dari partai Republik hari Selasa (2/11) terpilih sebagai gubernur mendatang di negara bagian Virginia, dalam salah satu pemilihan yang diamati dengan cermat secara nasional menjelang pemilihan paruh waktu di Kongres tahun depan.

Pendatang baru di dunia politik itu mengalahkan kandidat partai Demokrat Terry McAuliffe, merebut 51 persen suara berbanding 48 persen untuk McAuliffe, dengan sebagian besar suara telah dihitung.

Menjelang pemilu Selasa (2/11), kedua kandidat menyoroti pentingnya pemilihan itu di panggung politik nasional karena hanya dua pemilihan gubernur yang digelar tahun ini, dan dengan kedua partai kini mengarah ke pemilu 2022 di mana seluruh 435 kursi di DPR AS akan diperebutkan.

Demokrat menguasai mayoritas tipis di DPR dan Senat, dan kehilangan kontrol atas salah satu atau kedua majelis itu tahun depan akan mempersulit presiden Joe Biden yang berasal dari partai Demokrat, untuk mengupayakan agenda legislatifnya.

Hasil di Virginia ini mengacu pada pergeseran dukungan belakangan ini, di mana kekalahan McAuliffe terjadi setelah ia unggul dalam jajak pendapat pada bulan-bulan menjelang pemilu. Tetapi keunggulan itu semakin tipis sementara Biden mengalami penurunan dukungan.

Biden menang di Virginia dengan selisih 10 persen dalam pemilu tahun lalu.

Menurut survei Associated Press terhadap para pemilih Virginia, sekitar sepertiga responden menyatakan ekonomi merupakan isu utama bagi mereka, diikuti oleh 17 persen yang menyatakan isu utamanya adalah pandemi virus corona dan 14 persen lainnya memilih pendidikan.

Penghitungan suara masih dilakukan hingga Rabu dini hari dalam persaingan ketat di negara bagian New Jersey di mana Gubernur Phil Murphy berusaha menjadi gubernur pertama dari partai Demokrat yang terpilih kembali dalam 44 tahun. Penantangnya adalah mantan legislator negara bagian Jack Ciattarelli dari partai Republik.

Para pemilih juga membuat keputusan dalam pemilu hari Selasa untuk mengisi tiga kursi yang kosong di DPR AS.

Kandidat Demokrat Shontel Brown mengalahkan kandidat Republik Laverne Gore dalam perebutan kursi di Distrik Kongres ke-11 di Ohio.

Kandidat Republik Mike Carey meraih kursi yang mewakili distrik ke-15 Ohio dengan mengalahkan kandidat Demokrat Allison Russo.

Pemilihan pendahuluan partai Demokrat dalam persaingan mengisi kursi kosong di Distrik Kongres ke-20 berlangsung ketat dan belum dapat diumumkan hasilnya pada Rabu dini hari. Jason Mariner menang sebagai kandidat partai Republik, tetapi siapapun kandidat Demokrat yang muncul, ia diperkirakan akan menang dalam pemilu khusus bulan Januari di distrik yang dikuasai Demokrat itu. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG