Tautan-tautan Akses

Bentrokan di Libya, Sedikitnya 23 Tewas, 140 Luka


Mobil yang hangus dans selongsong peluru tampak di jalanan Tripoli, pasca bentrokan antar milisi hari Minggu (28/8).
Mobil yang hangus dans selongsong peluru tampak di jalanan Tripoli, pasca bentrokan antar milisi hari Minggu (28/8).

Kementerian Kesehatan Libya hari Minggu (28/8) mengatakan sedikitnya 23 orang tewas dan 140 lainnya luka-luka dalam bentrokan antara kekuatan yang saling bersaing di pemerintah.

Mobil-mobil yang hangus terbakar tampak di jalan-jalan Tripoli, sementara pasukan bersenjata dari kedua pihak berpatroli ketika meningkatnya aksi kekerasan setelah dua tahun yang relatif tenang.

Media-media lokal melaporkan Brigade Revolusioner Tripoli, yang dipimpin Haitham Tajouri, berperang melawan milisi lain yang bersekutu dengan Abdel Ghani Al Kikli, seorang panglima perang yang dikenal sebagai “Gheniwa.”

Pemerintah Perdana Menteri Abdul Hamid Dbeibah, yang berbasis di Tripoli, mengatakan bentrokan tak terelakkan ketika satu milisi menembaki yang lain.

Namun aksi kekerasan itu tampaknya dipicu oleh perebutan kekuasaan antara Dbeibah dan pesaingnya – Perdana Menteri Fathy Bashagha – yang berbasis di kota pesisir Sirte.

Anggota Dewan Kota Tripoli telah menyerukan ketenangan setelah bentrokan berdarah hari Sabtu itu.

Libya, sebuah negara kaya minyak, jatuh ke dalam kekacauan setelah penggulingan dan pembunuhan Moammar Ghadafi pada tahun 2011 selama pemberotakan warga yang didukung NATO. [em/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG