Tautan-tautan Akses

Pengawas Perang: Serangan Israel Target Depot Rudal di Suriah


Sejumlah warga memeriksa kerusakan pada bangunan di lokasi yang menjadi taget serangan udara Israel di dekat wilayah Tartus, Suriah, pada 2 Juli 2022. (Foto: SANA/Handout via Reuters)
Sejumlah warga memeriksa kerusakan pada bangunan di lokasi yang menjadi taget serangan udara Israel di dekat wilayah Tartus, Suriah, pada 2 Juli 2022. (Foto: SANA/Handout via Reuters)

Gambar satelit memperlihatkan kerusakan besar di sebuah fasilitas militer raksasa di wilayah barat Suriah yang menjadi sasaran serangan udara Israel baru-baru ini.

Harian The Times of Israel, pada Minggu (28/8), memperlihatkan gambar-gambar yang diambil oleh Planet Labs PBC dan disediakan oleh Aurora Intel, jaringan yang menyediakan berita dan informasi berdasarkan sumber intelijen terbuka.

Kepala pengawas perang di Suriah dari pihak oposisi mengatakan serangan itu menarget sebuah depot yang menyimpan ratusan rudal jarak menengah yang disiapkan untuk sejumlah pasukan yang didukung oleh Iran.

Media milik pemerintah Suriah melaporkan setelah serangan pada Kamis (25/8) malam di dekat kota Tartus dan Hama itu bahwa beberapa tembakan terlihat di hutan di dekat wilayah tersebut. Dua orang dilaporkan terluka dalam serangan tersebut. Laporan itu juga menyebutkan rudal-rudal ditembakkan dari atas Laut Tengah dan sebagian besar ditembak jatuh.

Para aktivis oposisi Suriah ketika itu mengatakan serangan tersebut menarget sebuah depot senjata dan sebuah pusat riset ilmiah dekat kota Masyaf, kubu kuat pemerintah. Masyaf terletak antara Kota Tartus dan Hama.

Belum ada komentar resmi dari militer Israel.

Israel telah melancarkan ratusan serangan yang menarget beberapa bagian Suriah yang dikontrol oleh pemerintah dalam satu dekade belakangan, tapi jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu. [vm/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG