Tautan-tautan Akses

Rusia, Ukraina Saling Lancarkan Serangan Baru


Tim investigasi memeriksa lokasi serangan di dekat gedung pemerintahan di Donetsk, di timur Ukraina, pada 16 Oktober 2022. (Foto: AP/Alexei Alexandrov)
Tim investigasi memeriksa lokasi serangan di dekat gedung pemerintahan di Donetsk, di timur Ukraina, pada 16 Oktober 2022. (Foto: AP/Alexei Alexandrov)

Sebuah tembakan roket menyebabkan kerusakan baru di Ukraina pada Minggu (16/10). Sementara itu, para pejabat pro-Kremlin menyalahkan Kyiv atas sebuah serangan yang mengenai kantor wali kota di Donetsk yang dikuasai oleh kelompok separatis.

Di sisi lain, para pejabat Ukraina mengatakan rudal-rudal Rusia telah mengenai sebuah kota di dekat pembangkit nuklir Zaporizhzhia, dan melukai enam orang.

Kantor wali kota di Donetsk, bagian dari wilayah Ukraina yang baru-baru ini diklaim Rusia, mengalami kerusakan yang cukup parah. Jendela-jendela di kantor tersebut pecah dan sebagian atapnya ambruk. Mobil-mobil yang berada di dekat kantor hangus terbakar.

Tidak ada laporan mengenai korban jiwa dari insiden tersebut. Pemerintah Kyiv tidak mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu ataupun mengomentarinya.

Ukraina mengatakan serangan dekat pembangkit nuklir Zaporizhzhia itu juga merusak lima saluran listrik, jalur pipa, serta beberapa tempat usaha dan permukiman milik warga sipil.

Rusia dan Ukraina telah berulangkali saling tuduh mengenai serangan di dan sekitar area pembangkit itu. Fasilitas itu dikontrol oleh Rusia tapi masih dikelola oleh para teknisi Ukraina. [vm/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG