Tautan-tautan Akses

Diduga Jadi Mata-mata China, Polisi Kanada Dakwa Staf Hydro-Quebec


Logo dari kepolisian Royal Canadian Mounted Police (RCMP) terlihat pada markas kepolisian tersebut yang terletak di Surrey, British Columbia, dalam foto yang diambil pada 5 Desember 2017. (Foto: Reuters/Ben Nelms)
Logo dari kepolisian Royal Canadian Mounted Police (RCMP) terlihat pada markas kepolisian tersebut yang terletak di Surrey, British Columbia, dalam foto yang diambil pada 5 Desember 2017. (Foto: Reuters/Ben Nelms)

Polisi Kanada, pada Senin (14/11), mengajukan dakwaan terhadap seorang karyawan Hydro-Quebec karena diduga mengirim rahasia dagang ke China.

Yuesheng Wang, 35, akan muncul di pengadilan di Longueuil, Quebec, pada Selasa (15/11) untuk menghadapi persidangan dengan tuduhan memperoleh rahasia dagang, menggunakan komputer tanpa izin, melakukan penipuan dan melanggar kepercayaan seorang pejabat publik.

Royal Canadian Mounted Police (RCMP) mengatakan timnya telah memulai penyelidikan sejak bulan Agustus lalu setelah menerima keluhan dari bagian keamanan perusahaan Hydro-Quebec.

Inspektur RCMP David Beaudoin mengatakan ketika bekerja di Hydro-Quebec, Wang diduga menggunakan posisinya untuk melakukan penelitian bagi sebuah universitas dan beberapa pusat penelitian di China. Beaudoin mengatakan Wang dilaporkan menerbitkan artikel ilmiah dan mengajukan paten pada “asosiasi aktor asing ini dibanding pada Hydro-Quebec.”

Ia menambahkan bahwa “Wang memperoleh informasi ini untuk menguntungkan Republik Rakyat Cina sementara merugikan kepentingan ekonomi Kanada.”

Beaudoin mengatakan Wang telah menggunakan informasi itu tanpa sepengetahuan atau persetujuan sebelumnya dari perusahaannya. Kejahatan itu diduga dilakukan antara Februari 2018 hingga Oktober 2022.

Polisi mengatakan Wang, yang merupakan warga Candiac, Quebec, yang terletak di selatan Montreal, diduga memiliki akses pada informasi yang relevan sebagai bagian dari pekerjaannya di bagian utilitas provinsi.

Dalam sebuah pernyataan, Hydro-Quebec mengatakan Wang adalah peneliti yang bekerja pada bahan baterai dengan Center for Excellence in Transportation Electrification & Energy (CETEES). Perusahaan itu mengatakan tim keamanan mereka telah melancarkan penyelidikan sendiri sebelum memberitahu pihak berwenang.

Hydro-Quebec adalah perusahaan utilitas (layanan publik.red) yang mengelola pembangkit, transmisi, dan distribusi listrik di provinsi Kanada, dan juga ekspor listrik ke timur laut Amerika.

RCMP mengatakan isu campur tangan asing telah menjadi prioritas aparat penegak hukum, dan menambahkan pihaknya bekerja dengan sektor-sektor yang berisiko guna memulihkan tanggapan dan ketahanan Kanada. [em/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG