Tautan-tautan Akses

Departemen Kehakiman AS Tinjau Dokumen yang Mungkin Rahasia di Biden Center


Gedung Departemen Kehakiman Robert F. Kennedy, Jumat, 19 Juni 2015, di Washington. (Foto: AP/Andrew Harnik)
Gedung Departemen Kehakiman Robert F. Kennedy, Jumat, 19 Juni 2015, di Washington. (Foto: AP/Andrew Harnik)

Departemen Kehakiman (Department of Justice /DOJ) sedang meninjau sejumlah dokumen yang kemungkinan berstatus rahasia, yang ditemukan dalam ruang kantor bekas institut Presiden Joe Biden di Washington, kata Gedung Putih, Senin (9/1).

Penasihat khusus presiden Richard Sauber mengatakan "sejumlah kecil dokumen dengan tanda rahasia" ditemukan ketika pengacara pribadi Biden membersihkan kantor Penn Biden Center, tempat Biden berkantor setelah tidak lagi menjabat wakil presiden pada 2017 hingga tak lama sebelum ia meluncurkan kampanye presiden 2020 pada 2019. Dokumen-dokumen itu ditemukan pada 2 November 2022, dalam "lemari terkunci", kata Sauber.

Ia menambahkan bahwa para pengacara segera memberi tahu kantor Penasihat Gedung Putih, yang memberi tahu Dinas Arsip Nasional dan Pencatatan - yang mengambil dan menyimpan dokumen-dokumen itu pada hari berikutnya.

Lembaga kajian, yang secara resmi dikenal sebagai Penn Biden Center for Diplomacy and Global Engagement, berafiliasi dengan University of Pennsylvania. Lembaga itu terus beroperasi secara independen dari pemerintahan Biden. [ka/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG