Tautan-tautan Akses

Pertempuran Berkecamuk di Ukraina Timur di tengah Desas-Desus Pergantian Kepemimpinan Militer


Asap tampak mengepul dari lokasi yang diserang oleh pasukan Rusia di Donbas, Bakhmut, Ukraina, pada 7 Januari 2023. (Foto: Reuters/Clodagh Kilcoyne)
Asap tampak mengepul dari lokasi yang diserang oleh pasukan Rusia di Donbas, Bakhmut, Ukraina, pada 7 Januari 2023. (Foto: Reuters/Clodagh Kilcoyne)

Pertempuran berkecamuk di wilayah Donbas di Ukraina timur, di mana Kota Bakhmut dan kota terdekat Soledar dan Vuhledar menjadi pusat pertempuran tanpa henti.

"Pertempuran di wilayah itu sedang memanas," kata Gubernur Donetsk Pavlo Kyrylenko dalam sambutannya di televisi. Ia menambahkan "Rusia mengerahkan pasukan-pasukan baru ke dalam pertempuran dan menghancurkan kota-kota dan desa-desa kami."

Rusia memperkuat militernya di sepanjang perbatasan Ukraina, khususnya di wilayah perbatasan timur dan timur laut Ukraina sejak akhir Januari. Penguatan tersebut juga menunjukkan kemungkinan serangan besar-besaran Rusia sebelum peringatan invasi Rusia pada 24 Februari, kata para pejabat Ukraina, pada Senin (6/2).

Juru bicara intelijen militer Ukraina, Vadym Skibitsky memperkirakan, Rusia kemungkinan akan memusatkan serangannya di Donbas dan juga melancarkan serangan di wilayah Zaporizhzhia. Ia menambahkan, Rusia tampaknya akan mengerahkan 300.000 hingga 500.000 tentara lagi selain 300.000 yang telah dikerahkan pada musim gugur.

Desas-desus tentang perombakan di dalam pemerintahan Ukraina menambah tantangan lain bagi perang Ukraina melawan Rusia. Laporan mengenai kemungkinan pengunduran diri atau pemecatan Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov muncul menyusul serangkaian tuduhan korupsi yang terjadi di dalam kementeriannya. Pertanyaan atas nasib Reznikov adalah pertanda umum pertama bahwa ada keretakan serius dalam kepemimpinan masa perang Ukraina.

Kyiv mengumumkan pada Minggu (45/2) bahwa Reznikov akan dipindahkan ke jabatan menteri industri strategis untuk memperkuat kerja sama industri militer dan akan digantikan oleh Jenderal Kyrylo Budanov, kepala badan intelijen militer negara itu. [ps/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG