Tautan-tautan Akses

Zelenskyy: Ukraina Telah Berupaya Maksimal untuk Bergabung dengan NATO


Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menunjuk kerusakan rudal saat berkunjung ke Zaporizhzhia, Ukraina, Senin, 27 Maret 2023. (Foto: AP)
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menunjuk kerusakan rudal saat berkunjung ke Zaporizhzhia, Ukraina, Senin, 27 Maret 2023. (Foto: AP)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy pada Kamis (20/4) mengatakan negaranya telah “melakukan segalanya” untuk memastikan permohonannya untuk bergabung dengan NATO akan dikabulkan.

Komentar itu disampaikan setelah kepala NATO Jens Stoltenberg mengunjungi Kyiv pada hari Kamis (20/4) di mana dia dengan tegas menyatakan bahwa “tempat yang sah” Ukraina adalah dalam aliansi militer itu.

Ukraina mengajukan “aksesi yang dipercepat” ke NATO pada 30 September, tetapi kemungkinannya kecil untuk bergabung dengan blok itu dalam waktu dekat.

Setelah pertemuannya dengan Stoltenberg, Zelenskyy mengatakan dia berterima kasih atas undangan ke pertemuan puncak NATO pada Juli mendatang di Vilnius, Lituania, tetapi dia juga mengatakan negaranya membutuhkan peta jalan untuk menjadi anggota aliansi itu.

“Baik mayoritas orang Ukraina, maupun mayoritas orang Eropa, atau mayoritas orang di seluruh NATO tidak akan memahami para pemimpin Aliansi jika pertemuan puncak di Vilnius ini tidak menyertakan undangan politik yang memang layak bagi Ukraina untuk bergabung dengan Aliansi,” kata Zelenskyy dalam pidato, Kamis. [lt/ah]

Forum

XS
SM
MD
LG