Tautan-tautan Akses

Di Museum Tennessee, Fans Mengenang Talenta, Kekuatan dan Pengaruh yang Disebarkan Tina Turner


Lisa Lyons, 56, berpose di dalam Museum Tina Turner di Flagg Grove School di West Tennessee Delta Heritage Center, Brownsville, Tennessee, pada 24 Mei 2023. (Foto: AP/Adrian Sainz)
Lisa Lyons, 56, berpose di dalam Museum Tina Turner di Flagg Grove School di West Tennessee Delta Heritage Center, Brownsville, Tennessee, pada 24 Mei 2023. (Foto: AP/Adrian Sainz)

Berdiri di Museum Tennessee, di dekat area pameran sejumlah baju berkilauan yang pernah dikenakan oleh Tina Turner, Lisa Lyons tampak menyeka air mata dari pipinya saat ia mencoba mengenang pengaruh yang ditorehkan oleh sang penyanyi sekaligus aktor dalam kehidupan pribadinya.

Lyons lalu mengingat menyaksikan penampilan Turner dalam film “Mad Max Beyond Thunderdome” di mana Turner berperan sebagai Auntie Entity, seorang pemimpin yang kejam dalam peradaban pasca-apokaliptik.

"Dia garang dan kuat dan juga berkuasa, dan (perannya di film itu) selalu saya ingat," ujar Lyons, yang juga merupakan perempuan kulit hitam sama seperti Turner. "Sebagai seorang gadis kecil berkulit hitam yang tidak memiliki panutan di kehidupan nyata, (peran Turner di film itu) selalu terkenang dalam hidup saya."

Turner, 83, meninggal dunia pada Rabu (24/5), setelah berjuangan melawan penyakit yang ia derita sejak lama. Ia meninggal di rumahnya di Küsnacht dekat Zurich, menurut sang manajer. Karirnya di dunia tarik suara menghasilkan sejumlah lagu hit seperti “Nutbush City Limits,” "Proud Mary,” “What’s Love Got To Do With It" dan “We Don't Need Another Hero,” dari film “Mad Max Beyond Thunderdome." Sepak terjangnya di dunia perfilman mencakup berbagai peran termasuk di film “Tommy” dan “Last Action Hero.”

Lyons, 56, mengatakan bahwa ia mendengar tentang berita kematian Turner pada Rabu dan langsung bergegas menuju museum di Brownsville, sebelah barat Jackson, di mana ia tinggal.

Ketika berbicara tentang peninggalan sang artis dalam genre musik blues, rock and roll, R&B dan soul, Turner adalah “yang terbaik dari yang pernah ada,” ujar Lyons.

"Dia adalah tolak ukur. Dia adalah panutan," ujar Lyons. "Dia telah meraih kesuksesan dan dia meraihnya dengan baik, dengan caranya sendiri."

Museum tersebut dibuka pada 2014 di dalam gedung Sekolah Flag Grove yang baru direnovasi di Pusat Warisan West Tennessee Delta di Brownsville, sekitar 80 kilometer di sebelah timur laut Memphis. Turner menempuh pendidikan di sekolah dengan satu kelas saat ia kanak-kanak di dekat wilayah Nutbush, salah satu kota kecil di West Tennessee. [rs]

Forum

XS
SM
MD
LG