Tautan-tautan Akses

Menlu Blinken Bertemu Wang Yi di Jakarta


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menjabat tangan pejabat Partai Komunis China Wang Yi dalam pertemuan di Jakarta, pada 13 Juli 2023. (Foto: Dita Alangkara/Pool/AFP)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menjabat tangan pejabat Partai Komunis China Wang Yi dalam pertemuan di Jakarta, pada 13 Juli 2023. (Foto: Dita Alangkara/Pool/AFP)

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken melangsungkan pertemuan dengan diplomat tinggi China Wang Yi di Jakarta pada Kamis (13/7), di sela-sela forum ASEAN yang berlangsung sejak awal pekan ini. Amerika Serikat menyebut pertemuan itu sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk memulihkan hubungan diantara dua negara adidaya itu.

Juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller mengatakan tujuan pertemuan itu adalah “untuk mempertahankan jalur komunikasi terbuka guna mengklarifikasi kepentingan-kepentingan Amerika Serikat dalam beragam isu dan mengelola secara bertanggung jawab kompetisi yang ada dengan mengurangi risiko mispersepsi dan miskalkulasi.”

“Ini yang diharapkan dunia” dari Amerika Serikat dan China, tambah Miller dalam pernyataannya.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov juga akan ikut serta dalam beberapa pertemuan ASEAN.

Lebih jauh Miller mengatakan Blinken dan Wang “melakukan pembicaraan yang jujur dan konstruktif tentang beragam isu bilateral, regional dan global, termasuk di bidang-bidang di mana terdapat perbedaan pandangan dan potensi kerjasama.” Ia menambahkan Blinken telah menekankan “pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.”

Blinken, yang telah bertemu dengan Wang dalam lawatannya ke Beijing pada bulan lalu, menjelaskan bahwa “Amerika Serikat, bersama sekutu dan mitra kami, akan memajukan visi untuk tatanan internasional yang bebas, terbuka dan berbasis aturan.”

Pertemuan Blinken dengan Wang adalah upaya terbaru Amerika Serikat untuk memperbaiki hubungan yang tegang dengan China. [em/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG