Tautan-tautan Akses

Serangan Balik Ukraina Masih Miliki ‘Opsi’


Tentara Ukraina menembakkan meriam di dekat Bakhmut, sebuah kota timur tempat pertempuran sengit melawan pasukan Rusia terjadi, di wilayah Donetsk, Ukraina, 15 Mei 2023. (Foto: AP)
Tentara Ukraina menembakkan meriam di dekat Bakhmut, sebuah kota timur tempat pertempuran sengit melawan pasukan Rusia terjadi, di wilayah Donetsk, Ukraina, 15 Mei 2023. (Foto: AP)

Para pejabat pertahanan AS yang mengawasi serangan balasan Ukraina yang lamban melawan Rusia mengatakan hal itu belum menimbulkan kekhawatiran, meskipun tidak ada terobosan besar yang tercapai.

Ada harapan bahwa arus masuk tank-tank dan kendaraan lapis baja AS dan Barat, selain pasokan baru amunisi, artileri dan sistem rudal, mungkin akan membuat pasukan Kyiv dapat menembus garis pertahanan Rusia.

Berbicara dalam lawatan ke Papua Nugini pada Kamis, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan Ukraina masih punya waktu.

“Masih banyak opsi yang tersedia untuk mereka,” kata Austin dalam konferensi pers bersama dengan PM Papua Nugini James Marape.

“Mereka sangat berhati-hati. Mereka menghemat sumber daya manusia dan peralatan,” tambahnya. “Saya pikir kita bisa berharap mereka akan terus menekan.”

Para pejabat Ukraina menyebut pertahanan Rusia, khususnya ranjau yang dipasang pasukan Rusia saat mereka membangun pertahanan pada musim dingin, sebagai penghambat gerak maju mereka.

Para pejabat militer AS mengakui ladang ranjau Rusia menimbulkan masalah. Namun, para pejabat dan mantan pejabat serta beberapa analis telah menyatakan keprihatinan karena para komandan Ukraina mundur ke taktik lama gaya Soviet, bukannya menjalankan doktrin AS yang dapat mempercepat kemajuan Kyiv.

Austin memperingatkan bahwa sebagian dari harapan mengenai serangan balasan Ukraina itu mungkin terlalu optimistis.

“Kami katakan bahwa ini akan menjadi pertarungan sulit dan bahwa ini akan menjadi pertempuran panjang,” ujarnya. “Kami telah melihat sebagian besar dari hal itu.”

Austin tidak mengomentari rincian mengenai serangan balasan Ukraina atau mengenai laporan media yang mengutip para pejabat AS mengatakan bahwa serangan tersebut kini berjalan lancar dengan masuknya pasukan tambahan Ukraina ke dalam pertempuran.

Namun ia tetap berharap bahwa Ukraina akan mencapai kemenangan yang kian banyak dalam beberapa pekan mendatang.

“Mereka memiliki banyak kekuatan tempur,” kata Austin. “Ukraina telah dilatih dan dipersiapkan dengan baik agar sukses.” [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG