Tautan-tautan Akses

Rusia Tembak Jatuh Drone Ukraina, Dua Cedera di Moskow


Seorang prajurit Ukraina meluncurkan drone di dekat Bakhmut, Ukraina, Jumat, 7 Juli 2023. (Foto: A/Evgeniy Maloletka)
Seorang prajurit Ukraina meluncurkan drone di dekat Bakhmut, Ukraina, Jumat, 7 Juli 2023. (Foto: A/Evgeniy Maloletka)

Dua orang cedera di Moskow pada Senin (21/8) sewaktu reruntuhan sebuah drone Ukraina yang dihancurkan pertahanan udara Rusia jatuh menimpa sebuah rumah, menurut gubernur wilayah itu.

Para pejabat Rusia mengatakan Ukraina meluncurkan serangan drone yang ditujukan ke wilayah Moskow dan Kaluga. Serangan udara itu untuk sementara mengganggu operasi di beberapa bandara Rusia, tetapi layanan kemudian dipulihkan.

Rusia dan Ukraina sama-sama menggunakan drone untuk menarget pihak lawan, dengan kerusakan di darat kerap kali disebabkan oleh reruntuhan drone yang ditembak jatuh.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berterima kasih kepada para legislator Denmark sewaktu ia berpidato kepada mereka pada Senin (21/8), sehari setelah Denmark dan Belanda mengumumkan mereka akan memberi pasukan Ukraina pesawat-pesawat tempur F-16 buatan AS.

PM Denmark Mette Frederiksen menjanjikan 19 F-16 untuk Ukraina dan mengatakan ia berharap enam jet pertama akan dikirimkan sekitar awal 2024.

PM Belanda Mark Rutte tidak merinci berapa banyak F-16 yang akan dikirimkan negaranya, juga tidak merinci kapan pengirimannya akan berlangsung. Ia mengatakan waktunya tergantung pada seberapa cepat para awak dan infrastruktur Ukraina siap.

“F-16 tidak akan segera membantu upaya perang sekarang. Bagaimanapun ini adalah komitmen jangka panjang dari Belanda,” kata Rutte hari Minggu. “Kami ingin jet-jet itu aktif dan beroperasi sesegera mungkin … Tidak untuk bulan depan, itu mustahil, tapi mudah-mudahan tidak lama setelah itu.”

Pemerintah Belanda dan Denmark terlibat dalam koalisi yang bekerja untuk melatih para pilot Ukraina untuk menerbangkan jet-jet tempur canggih.

Jet-jet tempur itu kemungkinan besar tidak akan mempengaruhi jalannya perang dalam waktu dekat, kata para pejabat AS. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG