Tautan-tautan Akses

AS Perkirakan Blinken akan Bertemu Menlu China Sebelum Akhir Tahun


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) menjabat tangan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam pertemuan di Jakarta, pada 13 Juli 2023. (Foto: Dita Alangkara/Pool/AFP)
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken (kanan) menjabat tangan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam pertemuan di Jakarta, pada 13 Juli 2023. (Foto: Dita Alangkara/Pool/AFP)

Amerika Serikat memperkirakan Menteri Luar Negeri Antony Blinken akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, di AS sebelum akhir tahun. Pertemuan tersebut diperkirakan akan berlangsung pada Sidang Umum PBB (UNGA) minggu depan atau setelahnya, kata Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, pada Senin (11/9).

“Saya akan membiarkan pemerintah China berbicara apakah Wang Yi akan menghadiri UNGA minggu depan atau tidak. Maka dari itu, apakah pertemuan akan berlangsung pada UNGA atau setelah UNGA sebelum akhir tahun, masih menjadi harapan kami bahwa Menteri Blinken akan menerima Menlu Wang Yi di sini, di Amerika Serikat,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller kepada wartawan.

Mengutip orang-orang yang mendapat penjelasan mengenai masalah tersebut, harian Wall Street Journal melaporkan pekan lalu bahwa China berencana mengirim Wakil Presiden Han Zheng ke UNGA, bukan Wang Yi seperti yang telah diisyaratkan sebelumnya, dalam perjalanan yang lebih luas ke Amerika Serikat.

Pertemuan tahunan para pemimpin dunia itu diadakan setelah Presiden Joe Biden, pada Minggu (10/9), menyatakan kekecewaannya karena Presiden China Xi Jinping tidak menghadiri KTT G20 di India. Namun, Biden menyatakan bahwa ia akan “bertemu dengan Xi.”

Biden tidak menjelaskan lebih lanjut. Namun, peluang berikutnya bagi dirinya untuk mengadakan pembicaraan dengan Xi, di saat kedua negara berupaya menstabilkan hubungan yang bermasalah, adalah KTT APEC di San Francisco pada November mendatang.

Dinas keamanan utama China telah mengisyaratkan bahwa setiap pertemuan antara Xi dan Biden di San Francisco akhir tahun ini akan bergantung pada apakah Amerika Serikat “menunjukkan ketulusan yang cukup.”

"Seperti dikatakan presiden, ia berharap bisa bertemu Presiden Xi pada musim gugur ini. Kami percaya tidak ada yang bisa menggantikan pembicaraan tatap muka pada tingkat pemimpin, jadi kami akan terus berupaya mewujudkan kemungkinan itu," kata Miller pada hari Senin.

Blinken melakukan perjalanan ke Beijing pada Juni, kunjungan pertama menteri luar negeri AS ke China dalam lima tahun. Ia bertemu Qin Gang, pendahulu Wang. Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengatakan bahwa mereka mengadakan pembicaraan yang “jujur, substantif, dan konstruktif,” dan Blinken mengundang Qin ke Washington untuk melanjutkan diskusi.

Blinken kemudian bertemu Wang di sela-sela pertemuan regional di Jakarta karena Qin tidak hadir.

Tiga pejabat senior lainnya telah melakukan perjalanan ke China untuk melakukan pertemuan setelah kunjungan Blinken. Namun para pejabat China belum melakukan perjalanan ke Amerika Serikat untuk melakukan pembicaraan.

Wang, 69, menjabat menteri luar negeri dari 2013 hingga 2022 ketika hubungan dengan Amerika Serikat memburuk hingga mencapai titik yang digambarkan Beijing sebagai titik terendah sepanjang masa. [ka/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG