Tautan-tautan Akses

DK PBB Kutuk Serangan Houthi terhadap Kapal-Kapal di Laut Merah


Seorang anggta Houthi berdiri di atas kapal kargo Galaxy Leader di Laut Merah dalam foto yang dirilis 20 November 2023. (Foto: Houthi/Handout via REUTERS)
Seorang anggta Houthi berdiri di atas kapal kargo Galaxy Leader di Laut Merah dalam foto yang dirilis 20 November 2023. (Foto: Houthi/Handout via REUTERS)

Dewan Keamanan PBB pada Rabu (10/1) mengutuk serangan-serangan yang dilakukan pemberontak Houthi yang berbasis di Yaman terhadap kapal-kapal yang berlayar melewati Laut Merah dan menyerukan Houthi agar menghentikan serangan tersebut.

Resolusi yang disusun oleh AS dan Jepang itu meminta agar Houthi segera menghentikan seluruh serangan semacam itu, yang mengganggu perdagangan global dan melemahkan hak-hak dan kebebasan berlayar.

Sebelas dari 15 anggota Dewan mendukung resolusi tersebut. Tidak ada yang menentangnya tetapi Rusia, China, Aljazair dan Mozambik abstain.

Linda Thomas-Greenfield, duta besar AS untuk PBB mengatakan, “Meskipun kita terus menuntut agar Houthi menghentikan serangan-serangan ini, kita juga tidak boleh mengabaikan fakta bahwa Iran telah lama memungkinkan Houthi melancarkan serangan-serangannya. Tanpa dukungan Iran, Houthi akan bersusah payah melacak dan menyerang secara efektif kapal-kapal komersial di jalur pelayaran yang melewati Laut Merah dan Teluk Aden.”

Houthi yang didukung Iran mengatakan mereka menargetkan kapal-kapal yang berafiliasi dengan atau menuju Israel dan bahwa mereka bertindak sebagai tanda solidaritas dengan warga Palestina di Jalur Gaza. Tetapi kapal-kapal dari 40 negara telah menjadi sasaran dan tidak semuanya punya kaitan dengan Israel. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG