Tautan-tautan Akses

Semakin Banyak Warga AS Dipenjara di Rusia


FILE - Jurnalis AS Evan Gershkovich, ditangkap atas tuduhan spionase, melihat keluar dari dalam kurungan terdakwa sebelum sidang untuk mempertimbangkan banding atas perpanjangan penahanan pra-sidang, di Pengadilan Kota Moskow, Rusia, 20 Februari 2024.
FILE - Jurnalis AS Evan Gershkovich, ditangkap atas tuduhan spionase, melihat keluar dari dalam kurungan terdakwa sebelum sidang untuk mempertimbangkan banding atas perpanjangan penahanan pra-sidang, di Pengadilan Kota Moskow, Rusia, 20 Februari 2024.

Seorang jurnalis dalam perjalanan liputan di kota Pegunungan Ural, seorang eksekutif keamanan perusahaan bepergian ke Moskow untuk menghadiri pernikahan, dan seorang warga negara ganda yang kembali ke kampung halamannya di Tatarstan untuk mengunjungi keluarganya, adalah sebagian warga AS, yang berada di balik jeruji besi di Rusia dengan dakwaan yang berbeda-beda.

Penangkapan warga Amerika di Rusia menjadi semakin umum ketika hubungan antara Moskow dan Washington merosot ke titik terendah seperti selama Perang Dingin. Washington menuduh Moskow menarget warga AS dan menggunakan mereka sebagai alat tawar-menawar politik, namun para pejabat Rusia bersikeras bahwa mereka semua melanggar hukum.

Beberapa di antaranya telah ditukar dengan warga Rusia yang ditahan di AS, sementara bagi sebagian lainnya, prospek pembebasan mereka dalam bentuk pertukaran tahanan kurang jelas.

“Tampaknya karena Moskow sendiri telah memutus sebagian besar saluran komunikasi dan tidak tahu cara memulihkannya dengan benar tanpa kehilangan muka, mereka mencoba memanfaatkan para sandera. Setidaknya seperti itulah yang terlihat,” kata Boris Bondarev, mantan diplomat Rusia yang mengundurkan diri setelah Moskow menginvasi Ukraina pada tahun 2022.

Warga AS dalam Tahanan Rusia

Hari Jumat (29/3) menandai satu tahun sejak penangkapan Evan Gershkovich, wartawan harian The Wall Street Journal berusia 32 tahun yang kini menunggu persidangan di Penjara Lefortovo yang terkenal kejam di Moskow atas tuduhan spionase.

Gershkovich ditangkap saat melakukan perjalanan peliputan ke kota Yekaterinburg di Pegunungan Ural dan dituduh menjadi mata-mata AS. Pihak berwenang Rusia belum mengungkapkan rincian tuduhan atau bukti yang mendukung tuduhan tersebut. Gershkovich, The Wall Street Journal, dan pemerintah AS menyangkal tuduhan itu.

Warga Amerika lainnya yang dituduh melakukan spionase adalah Paul Whelan, eksekutif keamanan perusahaan dari Michigan. Dia ditangkap pada tahun 2018 di Rusia dan dijatuhi hukuman 16 tahun penjara dua tahun kemudian. Whelan, yang mengatakan ia pergi ke Moskow untuk menghadiri pernikahan temannya, menyatakan dirinya tidak bersalah dan mengatakan tuduhan terhadapnya dibuat-buat.

Pemerintah AS telah menyatakan Gershkovich dan Whelan ditahan secara tidak sah dan telah menyerukan pembebasan mereka.

Warga lain yang ditahan termasuk Travis Leake, seorang musisi yang telah tinggal di Rusia selama bertahun-tahun dan ditangkap tahun lalu atas tuduhan terkait narkoba; Marc Fogel, seorang guru di Moskow, yang dijatuhi hukuman 14 tahun penjara, juga atas tuduhan narkoba; dan warga negara ganda Alsu Kurmasheva dan Ksenia Khavana.

Kurmasheva, editor Seksi Bahasa Tatar-Bashkir di Radio Free Europe/Radio Liberty yang berbasis di Praha, ditangkap pada Oktober 2023 di kampung halamannya di Kazan, saat dia melakukan perjalanan untuk menjenguk ibunya yang lanjut usia yang sakit. Dia menghadapi berbagai tuduhan, termasuk tidak melaporkan diri sebagai “agen asing” dan menyebarkan informasi palsu tentang tentara Rusia.

Khavana, dari Los Angeles, kembali ke Rusia untuk mengunjungi keluarganya dan ditangkap atas tuduhan makar. Menurut Pervy Otdel, sebuah kelompok hak asasi manusia yang khusus menangani kasus tuduhan pengkhianatan, dakwaan terhadap Khavana berakar dari sumbangan $51 yang diberikannya kepada sebuah badan amal AS yang membantu Ukraina. [lt/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG