Tautan-tautan Akses

Pasca Ditembak Empat Kali, PM Slovakia Kritis


PM Slovakia, Robert Fico, dilaporkan berada dalam kondisi yang kritis (foto: dok).
PM Slovakia, Robert Fico, dilaporkan berada dalam kondisi yang kritis (foto: dok).

Perdana Menteri Slovakia, Robert Fico, masih menjalani perawatan medis dalam kondisi yang kritis setelah ditembak pada hari Rabu sore (15/5) pascapertemuan kabinet di pusat kota Handlova.

Seperti disampaikan dalam akun Facebooknya, Fico “ditembak beberapa kali dan saat ini dalam kondisi yang mengancam nyawanya. Saat ini dia diangkut dengan helikopter ke Banská Bystrica, berhubung akan memakan waktu terlalu lama untuk mencapai (ibukota) Bratislava karena diperlukan prosedur yang akut. Beberapa jam ke depan akan menentukan.”

Perdana menteri berusia 59 tahun itu tertembak di bagian perut setelah empat tembakan dilepaskan di luar Rumah Budaya Handlova, tempat Fico bertemu dengan para pendukungnya. Menurut TA3, sebuah stasiun televisi lokal, polisi juga telah menahan seorang tersangka.

Petugas keamanan meringkus tersangka (kiri diborgol) pasca insiden penembakan PM Robert Fico di Handlova, Rabu 15 Mei 2024.
Petugas keamanan meringkus tersangka (kiri diborgol) pasca insiden penembakan PM Robert Fico di Handlova, Rabu 15 Mei 2024.

Perdana menteri populis sayap kiri ini kembali berkuasa untuk keempat kalinya pada tahun lalu setelah partainya memenangkan pemilihan parlemen dengan platform pro-Rusia dan anti-Amerika.

Presiden Slovakia Zuzana Caputova mengecam serangan tersebut.

“Saya terkejut,” ujarnya. “Saya harap Robert Fico diberi kekuatan dalam kondisi kritis ini dan cepat pulih dari serangan ini.”

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa serangan ini adalah “aksi kekerasan yang mengerikan.”

Sementara Farhan Haq, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB mengatakan bahwa Antonio Guterres mengutuk keras “serangan yang mengejutkan” tersebut.

Pemilu Parlemen Eropa

Serangan itu terjadi di tengah memanasnya kampanye politik, tiga minggu menjelang pemilu parlemen di seluruh Eropa untuk memilih anggota-anggota Parlemen Eropa.

Keprihatinan memuncak bahwa tokoh-tokoh populis dan nasionalis seperti Fico akan memperoleh keuntungan di blok yang beranggotakan 27 negara itu.

Fico, yang menjadi perdana menteri untuk ketiga kalinya, dan Partai Smer yang beraliran kiri, memenangkan pemilu parlemen Slovakia pada 30 September 2023 lalu. Tetapi sebagaimana yang kerap terjadi, negara itu mengesampingkan urusan politik saat mengetahui upaya pembunuhannya.

Parlemen Slovakia menangguhkan sidang hingga pemberitahuan lebih lanjut. Sementara partai-partai oposisi utama – yaitu Partai Progresif Slovakia, dan Partai Kebebasan dan Solidaritas – membatalkan rencana demonstrasi menentang kebijakan kontroversial pemerintahan untuk merombak badan penyiaran publik. Rencana kebijakan itu dikhawatirkan akan memberi kendali penuh radio dan televisi publik pada pemerintah. [th/lt/em/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG