Tautan-tautan Akses

Rusia Rebut Pemukiman Lozuvatske di Bagian Timur Ukraina


Ledakan terjadi di Kherson, Ukraina, meyusul serangan drone Rusia, Jumat, 26 Juli 2024. (Foto: Stringer/Reuters)
An explosion follows the downing of a Russian drone in Kherson, Ukraine, on July 26, 2024.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, Sabtu (27/7) bahwa pasukannya telah menguasai pemukiman Lozuvatske di sektor Pokrovsk di wilayah Donetsk Ukraina, tempat berlangsungnya pertempuran paling sengit dalam perang yang telah berlangsung selama 29 bulan tersebut.

Staf Umum Ukraina tidak menyebutkan pemukiman tersebut dalam laporannya, tetapi mencatat bahwa daerah sekitar pemukiman tersebut dilanda pertempuran sengit. Nara blog militer tidak resmi telah melaporkan kekalahan setidaknya dua lokasi lain di sektor tersebut.

Pasukan Rusia perlahan tapi pasti bergerak maju melalui wilayah Donetsk di timur Ukraina, meraih kemajuan yang stabil dan bertahap sejak merebut kota utama Avdiivka di wilayah Donetsk pada Februari.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan kelompok pusat pasukannya telah merebut Lozuvatske, barat laut dari pusat regional Donetsk yang dikuasai Rusia.

Kementerian juga melaporkan bahwa pasukannya telah melancarkan serangan ke daerah lain di sektor tersebut dan menangkis tiga serangan balik Ukraina.

Ukraina Tangkis 17 Serangan

Para pejabat Ukraina telah melaporkan selama berminggu-minggu bahwa sektor Pokrovsk dilanda pertempuran terberat di garis depan sepanjang 1.000 kilometer (621,3 mil).

Presiden Volodymyr Zelenskyy membahas sektor ini dua kali pada Kamis (25/7) dengan komandan utamanya, Olexandr Syrskyi.

Wilayah Donetsk
Wilayah Donetsk

Staf Umum Ukraina pada Sabtu melaporkan pasukannya telah berhasil menggagalkan 17 serangan di wilayah tersebut, dengan 10 bentrokan masih berlangsung.

“Situasinya sulit, tapi di bawah kendali angkatan bersenjata,” kata laporan itu.

Blog militer tidak resmi Ukraina yang populer, DeepState, tidak menyebutkan Lozuvatske dalam laporan terbarunya Namun dalam dua hari terakhir telah melaporkan jatuhnya dua desa di sektor tersebut, Prohres dan Vovche

Pernyataan resmi Ukraina tidak memberikan pengakuan terhadap kekalahan itu.

Empat Warga Sipil Tewas

Pada Sabtu (27/7) pagi, para pejabat Ukraina mengatakan penembakan Rusia menewaskan sedikitnya empat warga sipil di wilayah terpisah di Ukraina.

Seorang anak laki-laki berusia 14 tahun tewas akibat serangan roket di Kota Hlukhiv.

Gubernur Oleh Syniehubov mengatakan satu orang tewas setelah rumahnya terbakar di Kota Chuhuiv, Kharkiv, wilayah lain yang kerap menjadi target serangan Rusia. Sedangkan dua lainnya masing-masing tewas di Kota Kherson dan Kota Beryslav.

Wilayah Kherson diduduki pada hari-hari pertama invasi Rusia pada Februari 2022, tetapi pasukan Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayah tersebut pada akhir tahun. Pasukan Rusia terus menyerang wilayah yang dikuasai Ukraina dari posisi baru.

Reuters tidak dapat mengonfirmasi laporan tersebut secara independen dan tidak ada komentar mengenai insiden tersebut dari pejabat Rusia. [ft]

XS
SM
MD
LG