Tautan-tautan Akses

Pemilu Zimbabwe Disorot dalam Pertemuan Uni Afrika dan DK PBB


PBB dan sejumlah negara barat menyatakan keprihatinan mendalam karena komisi pemilihan umum Zimbabwe tidak mengumumkan hasil pemilihan presiden bulan lalu.

Kata PM Inggris Gordon Brown dimuka pertemuan dengan pemimpin Afrika dan dewan keamanan hari ini, tidak ada orang yang percaya bahwa presiden Zimbabwe Robert Mugabe menang dalam pemilihan umum itu.

Sekretaris-jenderal PBB ban ki-moon juga menyatakan sangat prihatin atas keadaan itu dan memperingatkan, krisis ini akan punya dampak di seluruh Afrika. Kata dutabesar Amerika untuk PBB Zalmay Khalilzad, rakyat Zimbabwe telah memberikan suara bagi perubahan politik, dan dutabesar perancis di PBB mengatakan hak rakyat Zimbabwe untuk menjalankan demokrasi tidak boleh dibendung.

Namun, wakil-wakil Afrika yang hadir dalam pertemuan itu tidak memberikan komentar apapun. Presiden Afrika Selatan Thabo Mbeki, sebagai ketua giliran dewan keamanan, tidak menyebut Zimbabwe sama sekali dalam pidatonya. Mbeki mendapat kecaman internasional karena mengatakan tidak ada krisis politik di Zimbabwe, dan apa yang terjadi disana adalah urusan dalam negeri saja.

XS
SM
MD
LG