Tautan-tautan Akses

Inggris Akan Terus Tekan Zimbabwe Setelah Rusia, Cina Veto Sanksi PBB


Inggris berjanji untuk melakukan tekanan agar diambil tindakan terhadap Zimbabwe, sehari setelah Cina dan Rusia memveto sebuah resolusi yang disponsori Amerika yang akan mengenakan sanksi PBB terhadap negara Afrika itu.

Kantor PM Inggris Gordon Brown hari Sabtu mengumumkan bahwa PM Brown akan mendesak dilakukannya tindakan Uni Eropa terhadap pemerintahan Presiden Robert Mugabe. PM Brown diduga akan membahas langkah-langkah baru Uni Eropa dengan para mitranya yang berkumpul untuk KTT Paris dimulai hari Ahad ini.

Kantor PM Inggris itu mengatakan PM Brown akan mengusulkan larangan melakukan perjalanan bagi Presiden Mugabe dan tindakan terhadap perusahaan-perusahaan yang dimiliki oleh sekutu-sekutunya.

AS dan Inggris mengecam Cina dan Rusia bagi veto mereka terhadap usul sanksi PBB hari Jumat.

Resolusi itu menyerukan embargo senjata bagi Zimbabwe dan pembatasan keuangan dan perjalanan bagi Mugabe dan 13 orang lainnya setelah kekerasan yang membawa ke pemilihan presiden yang luas dikecam itu bulan lalu.

Zimbabwe memuji veto itu sebagai kemenangan terhadap rasisme dan campur tangan internasional.

Dalam sepucuk surat kepada PBB, Zimbabwe mengatakan sanksi internasional terhadap pemerintah Zimbabwe dapat menyebabkan perang saudara.

XS
SM
MD
LG