Tautan-tautan Akses

Al-Shabab Serbu Markas Penjaga Perdamaian Uni Afrika di Somalia Selatan


Lower Shabelle, Somalia
Lower Shabelle, Somalia

Para pejabat di Somalia mengatakan militan al-Shabab, Jumat pagi (26/5) menyerbu sebuah markas militer yang dijaga pasukan Uni Afrika dari Uganda, kata berbagai sumber.

Serangan fajar itu terjadi di Bulo Marer, kota pertanian di kawasan Shabelle Bawah, sekitar 110 kilometer sebelah selatan Mogadishu.

Militan meledakkan empat hingga enam bom, termasuk bom rakitan dari mobil-mobil yang dikendarai pelaku serangan bom bunuh diri, kata tiga sumber, termasuk seorang pejabat setempat dan seorang komandan keamanan yang meminta anonim karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media, kata VOA Somalia.

Menurut para sumber, militan menerobos lingkungan markas itu setelah meledakkan bom, yang disusul dengan baku tembak sengit. Militan juga terlihat di dalam kota. Markas itu berada di luar kota.

Situasi markas kedua yang dijaga pasukan Somalia tidak jauh dari markas Uni Afrika yang diklaim telah diserang al-Shabab itu masih belum jelas.

Kelompok itu mengirim pesan melalui Telegram Jumat pagi, mengklaim mereka telah “menguasai” markas tersebut, Misi Uni Afrika mengonfirmasikan serangan tersebut, dan mengatakan mereka sedang mengevaluasi situasi keamanan.

Serangan al-Shabab terhadap markas yang sama pada April 2018 gagal setelah pasukan Uganda mempertahankan posisi-posisi mereka. Para pejabat Somalia mengatakan puluhan militan tewas ketika itu.

Serangan terbaru ini terjadi sewaktu pemerintah Somalia mempersiapkan tahap kedua operasi militer melawan al-Shabab. Tahap pertama, diluncurkan pada Agustus lalu, mengusir al-Shabab keluar dari wilayah yang luas di bagian tengah Somalia.

Pemerintah Somalia mengatakan akan menambah cukup banyak pasukan untuk mengambil alih tanggung jawab keamanan dari para penjaga perdamaian Uni Afrika pada Desember 2024. [uh/ab]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG