Tautan-tautan Akses

Amerika Klaim Bunuh Pemimpin Senior Kelompok Militan di Suriah


Tentara AS berdiri di dekat kendaraan lapis baja Turki selama patroli gabungan pertama AS-Turki di wilayah yang disebut "zona aman" di sisi Suriah. (Foto: AP)
Tentara AS berdiri di dekat kendaraan lapis baja Turki selama patroli gabungan pertama AS-Turki di wilayah yang disebut "zona aman" di sisi Suriah. (Foto: AP)

Pasukan Amerika mengklaim telah menewaskan seorang pemimpin senior kelompok militan yang berafiliasi dengan Al-Qaeda dalam sebuah serangan di Suriah pada Jumat (23/8), kata militer AS.

Serangan tersebut menargetkan Abu Abdul Rahman al-Makki, yang merupakan "anggota Dewan Syura Hurras al-Din dan pemimpin senior yang bertanggung jawab dalam mengawasi operasi teroris dari Suriah," kata Komando Pusat Amerika (CENTCOM) dalam sebuah unggahan media sosial.

"Hurras al-Din adalah kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaeda dan berbasis di Suriah, yang memiliki tujuan internasional serupa dengan Al-Qaeda untuk melancarkan serangan terhadap kepentingan Amerika dan Barat," sebut CENTCOM.

Pemantau perang Syrian Observatory for Human Rights sebelumnya melaporkan bahwa serangan drone terhadap sebuah sepeda motor di pedesaan selatan Idlib menewaskan Makki, yang dikatakan sebagai warga negara Saudi.

Militer Amerika menerjunkan sekitar 900 tentara di Suriah sebagai bagian dari koalisi internasional dalam melawan kelompok ISIS. Koalisi tersebut dibentuk pada 2014 untuk membantu memerangi para jihadis, yang menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

Pasukan Amerika secara berkala melancarkan serangan di Suriah untuk menargetkan militan dari ISIS, yang kini telah kehilangan wilayah yang dikuasainya. Selain itu, mereka juga menargetkan kelompok jihadis lain yang dianggap sebagai ancaman. [ah/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG