Tautan-tautan Akses

AS akan Selenggarakan KTT Keamanan Kecerdasan Buatan Global


Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan Menlu AS Antony Blinken, akan bersama-sama menjadi tuan rumah KTT Keamanan Kecerdasan Buatan Global di San Francisco (foto: dok).
Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo dan Menlu AS Antony Blinken, akan bersama-sama menjadi tuan rumah KTT Keamanan Kecerdasan Buatan Global di San Francisco (foto: dok).

Para pejabat Amerika Serikat pada Rabu (18/9) mengumumkan rencana pelaksanaan KTT keamanan kecerdasan buatan global pada November mendatang, seiring dengan upaya pihak berwenang untuk mengimbangi teknologi yang berkembang cepat ini.

Menteri Perdagangan AS, Gina Raimondo dan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, akan bersama-sama menjadi tuan rumah pertemuan pertama Jaringan Internasional Institut Keamanan Kecerdasan Buatan pada 20-21 November di San Francisco.

“Dengan kecerdasan buatan yang berkembang dengan cepat, kami melakukan semua yang diperlukan,” kata Raimondo dalam sebuah pernyataan.

“Hal itu termasuk koordinasi erat dengan semua sekutu dan mitra yang berpikiran sama,” tambahnya.

Anggota awal jaringan ini termasuk Australia, Kanada, Uni Eropa, Prancis, Jepang, Kenya, Korea Selatan, Singapura, Inggris dan Amerika Serikat.

Menteri Raimondo meresmikan kelompok itu dalam KTT Kecerdasan Buatan Seoul pada Mei lalu, yang bertujuan untuk mempersiapkan negara-negara yang ambil bagian, untuk mengembangkan regulasi yang lebih baik bagi sektor ini dan mengoordinasikan kebijakan.

Inisiatif ini dilakukan setelah ledakan popularitas ChatGPT seusai peluncurannya pada 2022, yang memicu perlombaan kecerdasan buatan secara global, ketika perusahaan-perusahaan teknologi menginvestasikan miliaran dolar untuk kemampuan modeling generatif

kecerdasan buatan dalam memproduksi konten yang mirip dengan karya manusia, melalui perintah-perintah yang sederhana.

Sementara para pendukung menggembar-gemborkan potensi kecerdasan buatan untuk meningkatkan kehidupan dan bisnis, para kritikus memperingatkan risiko penyalahgunaan, yang mendorong seruan untuk standar internasional untuk mengatur pengembangan dan penggunaan kecerdasan buatan. [ns/uh]

Forum

XS
SM
MD
LG