Tautan-tautan Akses

AS dan Taliban-Afghanistan Sepakati Rancangan Kerangka Perjanjian Damai


Utusan khusus AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad
Utusan khusus AS untuk Afghanistan, Zalmay Khalilzad

Pemerintah Amerika dan kelompok Taliban telah mencapai rancangan kerangka perjanjian damai yang akan mengharuskan Amerika mengosongkan lima pangkalan militernya di Afghanistan dalam waktu 135 hari setelah perjanjian ditandatangani.

Ini dikatakan oleh perunding Amerika Zalmay Khalilzad hari Senin (2/9) lewat stasiun televisi Afghanistan yang berbesar Tolonews. Ia mengatakan, 5.000 tentara Amerika akan ditarik dari ke-5 pangkalan militer itu. Jumlah tentara Amerika di Afghanistan saat ini diperkirakan 14.000 orang yang tersebar di tujuh pangkalan militer.

Rincian rancangan perjanjian damai itu diumumkan beberapa jam setelah Khalilzad bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, tapi Khalilzad tidak memberikan salinan dokumen yang akan mengakhiri perang Amerika terlama itu.

Juru bicara Presiden Ghani mengatakan, pemerintahnya akan mempelajari rincian perjanjian itu dan akan memberikan komentarnya kepada tim perunding Khalilzad.

Kata juru bicara itu lagi, usaha perdamaian pimpinan Amerika itu akan mengakhiri perang dengan Taliban dan diadakannya perundingan damai langsung antara Taliban dan pemerintah Afghanistan.

Taliban sedemikian jauh tidak bersedia berunding dengan pemerintah Afghanistan dan mengatakan pemerintahan di Kabul itu hanyalah boneka Amerika. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG