Tautan-tautan Akses

AS Kirim Rudal Pertahanan Udara ke Ukraina 


Seorang tentara Ukraina berdiri di dekat tank milik pasukan Rusia yang hancur di wilayah Kharkiv, Ukraina, pada 4 Oktober 2022. (Foto: AP/Andrii Marienko)
Seorang tentara Ukraina berdiri di dekat tank milik pasukan Rusia yang hancur di wilayah Kharkiv, Ukraina, pada 4 Oktober 2022. (Foto: AP/Andrii Marienko)

Amerika Serikat akan mengirim lebih banyak amunisi ke Ukraina untuk sistem pertahanan udara negara itu yang semakin terdesak, serta lebih banyak rudal jarak jauh untuk membantu menghalau pasukan Rusia.

Pentagon, pada Rabu (3/7), secara resmi mengumumkan paket bantuan keamanan dua bagian untuk Ukraina, yang bernilai lebih dari US$2,3 miliar. Bantuan awal mencakup rudal, roket, dan artileri dari persediaan AS, yang bernilai hingga $150 juta.

Beberapa kemampuan utama mencakup lebih banyak rudal untuk sistem pertahanan udara HAWK Ukraina dan amunisi untuk Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi, atau HIMARS. Bantuan juga akan mencakup peluru artileri, mortir; dan sistem antilapis baja Javelin.

Bagian kedua paket itu, bernilai sekitar $2,2 miliar, akan digunakan untuk membeli rudal untuk sistem pertahanan rudal Patriot Ukraina dan Sistem Rudal Permukaan-ke-Udara Canggih Nasional (NASAMS). Sistem itu perlu dirakit dan akan dikirim di kemudian hari.

Pengumuman resmi mengenai paket bantuan tersebut disampaikan sehari setelah Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menjamu Menteri Pertahanan Ukraina Rustem Umerov di Pentagon. Pengumuman itu disampaikan seminggu sebelum AS menjadi tuan rumah pertemuan puncak NATO dengan agenda utama lebih banyak dukungan militer bagi Ukraina dalam menghadapi invasi Rusia yang terus berlangsung.

Para pejabat Ukraina pada Rabu mengatakan sedikitnya lima tewas dan 53 lainnya terluka dalam serangan rudal dan drone udara Rusia di kota tenggara Dnipro. [ka/ns]

Forum

XS
SM
MD
LG