Tautan-tautan Akses

AS Optimis atas Kesepakatan untuk Kurangi Ancaman Pandemi


Xavier Becerra, Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS
Xavier Becerra, Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS

Meskipun para perunding gagal mencapai kesepakatan mengenai pandemi menjelang Sidang Kesehatan Dunia pekan ini, seorang pejabat senior AS tetap optimis bahwa kesepakatan untuk mengurangi ancaman wabah penyakit yang mematikan di dunia itu, sudah dekat.

“Kami pikir unsur-unsur dari kesepakatan yang bagus sudah ada dan itulah sebabnya kami optimis, karena itu kesepakatan yang cukup bagus. Kini tinggal menyesuaikannya untuk memastikan, semua orang siap menandatanganinya,” kata Xavier Becerra, Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS kepada wartawan pada sebuah pengarahan di Jenewa, hari Rabu (29/5).

Meskipun mengecewakan, Becerra menunjukkan bahwa tidak mengherankan jika kesepakatan tidak tercapai, setelah perundingan selama dua setengah tahun. “Negosiasi berlangsung selamanya,” katanya.

Ia melanjutkan, "Saya pikir kita harus menempatkan ini dalam perspektif. Anda tidak bisa membangun suatu bangsa dalam semalam. Tidak bisa membangun Empire State Building dalam semalam. Itu membutuhkan waktu yang lama."

“Saya pikir ada kesepakatan yang jelas, bahwa kita tidak bisa membiarkan status quo menimpa kita jika terjadi pandemi lagi,” imbuhnya.

Pandangannya mencerminkan pandangan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Ghebreyesus, yang dalam pidato pembukaannya di Sidang Kesehatan Dunia pada hari Senin, meyakinkan para delegasi bahwa perundingan berjalan sesuai jalur dan tidak gagal. [ps/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG