Tautan-tautan Akses

AS Tak akan Konfirmasi Laporan Transfer Rudal Iran ke Rusia 


Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby
Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby

Amerika Serikat tidak dapat mengkonfirmasi laporan-laporan bahwa Iran telah memasok rudal balistik kepada Rusia, kata juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby pada hari Senin (9/9).

“Saya tidak dapat mengkonfirmasi laporan bahwa transfer tersebut telah terjadi, tetapi saya akan menunjukkan kepada Anda apa yang telah kami katakan di masa lalu, bahwa penyediaan teknologi semacam itu tidak hanya akan memiliki efek buruk pada kemampuan Ukraina untuk terus mempertahankan diri mereka sendiri dan tentu saja pada kehidupan dan mata pencaharian Ukraina. Tetapi bisa jadi, tergantung pada kesepakatan apa, bagaimana kesepakatan itu diwujudkan, memiliki efek yang sama buruknya terhadap Timur Tengah dan Iran yang sudah memiliki program rudal balistik yang semakin baik."

Ia menambahkan, "Kita hanya bisa berasumsi bahwa mereka ingin mendapatkan keuntungan dari semacam kemitraan dengan Rusia untuk meningkatkan kemampuan Iran di wilayah tersebut. Dan tentu saja, mengingat semua aktivitas destabilisasi mereka, itu adalah hasil yang berbahaya.”

Seorang pejabat senior Iran pada hari Senin membantah laporan tersebut , dan menggambarkannya sebagai “perang psikologis”. Namun, eorang juru bicara Uni Eropa menggambarkan informasi tersebut sebagai “kredibel.” [my/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG