Tautan-tautan Akses

AS Tangkap Ratusan Imigran Gelap dalam Razia di Mississippi


Dua migran ditangkap di sebuah pabrik pengolahan makanan Koch Foods Inc. di Morton, Mississippi, Rabu, 7 Agustus 2019.
Dua migran ditangkap di sebuah pabrik pengolahan makanan Koch Foods Inc. di Morton, Mississippi, Rabu, 7 Agustus 2019.

Sekitar 680 orang imigran gelap ditangkap dalam serangkaian razia yang diadakan di beberapa pabrik pemrosesan makanan di negara bagian Mississippi, Rabu (7/8).

Kebanyakan yang ditangkap itu adalah migran Hispanik, kata para pejabat.

Siaran televisi menunjukkan barisan panjang migran yang ditangkap sedang berjalan menuju bis-bis yang diparkir di luar pabrik tempat mereka bekerja dengan tangan diborgol dan diawasi oleh petugas Imigrasi dan Bea Cukai atau ICE.

Orang-orang yang tidak ditahan, termasuk anak-anak, tampak memperhatikan sambil melambaikan tangan kepada keluarga dan kawan mereka yang ditangkap itu.

Mike Hurst, jaksa di distrik selatan Mississippi mengatakan, “petugas-petugas khusus melakukan razia untuk menemukan pelanggar dan tersangka kejahatan, dan berhasil mengumpulkan kira-kira 680 penduduk gelap.”

“Orang-orang itu harus menghormati peraturan kita. Mereka harus datang ke Amerika secara legal atau jangan datang sama sekali,” kata Hurst dalam sebuah konferensi pers.

Mathew Albence, pejabat kepala ICE, mengatakan penangkapan itu adalah hasil penyelidikan yang telah berlangsung satu tahun terakhir. Katanya, anak-anak orang yang ditangkap itu akan diserahkan kepada keluarga atau saudara mereka.

Bulan Juni lalu, Presiden Donald Trump lewat Twitter mengatakan ICE akan memulai proses penangkapan jutaan penduduk gelap yang berhasil masuk ke Amerika. [ii/pp]

XS
SM
MD
LG