Tautan-tautan Akses

AS: Tanpa Rencana Perlindungan Warga Sipil, Israel Seharusnya Tak Gelar Operasi di Rafah


Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan
Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan serangan militer Israel di kota Rafah di bagian selatan dapat "sedikit tertunda" jika kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas tercapai.

Ia mengklaim kemenangan total di Gaza akan terjadi "beberapa minggu lagi" setelah serangan di Rafah dimulai.

Netanyahu mengkonfirmasi kepada CBS bahwa kesepakatan sedang dalam proses, dan pembicaraan telah dilanjutkan di tingkat spesialis di Qatar, yang merupakan salah satu mediator.

Namun Amerika kembali memperingatkan Israel bahwa serangan militer ke Rafah tidak boleh dilakukan tanpa rencana untuk melindungi lebih dari satu juta warga sipil yang kini berlindung di sana.

Saat diwawancarai NBC hari Minggu (25/2), Penasihat Keamanan Nasional Amerika Jake Sullivan mengatakan Presiden Joe Biden belum mendapat informasi atau arahan apapun tentang rencana Israel di Rafah. Ia menegaskan “kami percaya operasi ini tidak boleh dilanjutkan jika kami tidak melihat rencana untuk melindungi warga sipil."

“Kami sudah sangat jelas tentang pandangan kami dalam hal ini. Kita bicara tentang lebih dari satu juta orang yang telah terdesak ke dalam wilayah yang kecil di Gaza ini karena operasi militer di tempat lain. Ini juga merupakan wilayah di mana semua bantuan kemanusiaan masuk untuk melayani seluruh warga Palestina di Gaza. Kami telah menegaskan bahwa kami tidak percaya sebuah operasi militer besar, seharusnya tidak dilakukan di Rafah kecuali jika ada rencana yang jelas dan dapat dieksekusi untuk melindungi warga sipil, membawa mereka ke tempat yang aman dan memberi makan, pakaian, serta tempat tinggal bagi mereka. Dan kami belum melihat rencana seperti itu."

Ketika ditanya apakah Presiden Biden bersedia menangguhkan penjualan senjata hingga ia melihat rencana perlindungan itu, Sullivan menjawab.

"Saya tidak akan masuk ke dalam hipotesa, karena pada saat ini apa yang kami lakukan adalah memberi tahu Israel kami secara pribadi, sama seperti yang kami katakan di depan umum, bahwa kami percaya operasi ini tidak boleh diteruskan sampai atau kecuali jika kami melihat hal tersebut. Kami belum melihatnya. Tetapi kami menunggu kabar dari pihak Israel mengenai hal tersebut. [em/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG