Tautan-tautan Akses

AS Tuntut Gembong Narkoba El Chapo Bayar Denda $12,7 Miliar


Gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman saat ditunjukkan kepada media oleh tentara Meksiko, sebelum diektradisi ke Amerika (foto: dok).
Gembong narkoba Joaquin "El Chapo" Guzman saat ditunjukkan kepada media oleh tentara Meksiko, sebelum diektradisi ke Amerika (foto: dok).

Jaksa penuntut AS hari Jumat (5/7) mengatakan, mereka menuntut denda $ 12,7 miliar dari terpidana gembong narkoba Meksiko, Joaquin "El Chapo" Guzman, berdasarkan perkiraan pendapatan dari penjualan narkobanya di Amerika Serikat.

Menurut mosi yang diajukan oleh Jaksa Penuntut AS, Richard Donoghue, pihak berwenang "berhak menyita semua properti yang berasal dari kejahatan terkait narkotika yang dilakukan terdakwa."

Berdasarkan harga obat-obatan yang dikutip oleh berbagai saksi, selama 25 tahun Guzman mengelola jaringan kartel Sinaloa, ia meraup penjualan kokain sekitar $11,8 miliar, marijuana $846 juta dan heroin $11 juta, kata pihak berwenang.

Uang itu digunakan untuk membayar pekerja dan pemasok kartel, serta untuk membeli peralatan komunikasi dan "pesawat, kapal selam, serta berbagai kendaraan lainnya."

Pengacara Guzman, Jeffrey Lichtman mengatakan kepada media AS bahwa tuntutan jaksa itu tidak terbukti karena pemerintah Amerika tidak pernah menemukan satu sen-pun dari hasil $12,7 miliar yang menurut jaksa dihasilkan oleh Guzman."

Guzman, 62 tahun, dinyatakan bersalah pada bulan Februari setelah disidangkan selama tiga bulan, karena memperdagangkan ratusan ton kokain, heroin, metamfetamin, dan ganja ke Amerika Serikat selama 25 tahun. (ps/pp)

XS
SM
MD
LG