Tautan-tautan Akses

Austria akan Longgarkan ‘Lockdown’ 1 Mei 2020


Karyawan sebuah toko di Wina, Austria dan pelanggan mengenakan masker di tengah pandemi corona, 1 April 2020.
Karyawan sebuah toko di Wina, Austria dan pelanggan mengenakan masker di tengah pandemi corona, 1 April 2020.

Para pejabat Austria, Selasa (28/4) mengumumkan negara itu akan mencabut aturan lockdown mulai Jumat ,1 Mei 2020. Ini membuat Austria termasuk jajaran negara pertama di Eropa yang mengambil langkah seperti itu.

Pada konferensi pers di Wina, Menteri Kesehatan Austria Rudolf Anschober mengatakan, data COVID-19 sedemikian rupa sehingga lockdown dapat diakhiri.

Australia memberlakukan lockdown selama sekitar tujuh pekan. Selama itu, masyarakat hanya diperbolehkan meninggalkan rumah untuk beberapa alasan yang telah ditetapkan.

Pada hari Jumat (1/5), masyarakat masih perlu mempertahankan jarak satu meter satu sama lain di tempat umum, dan warga diharuskan mengenakan masker wajah di tempat umum.

Dalam langkah lainnya, Menteri Pariwisata Austria Elisabeth Koestinger mengumumkan restoran-restoran akan mulai dibuka kembali pada 15 Mei. Ia mengatakan maksimal empat orang dewasa akan diizinkan duduk satu meja dan ketentuan jarak satu meter masih akan berlaku.

Menurut kementerian kesehatan, tingkat penularan sekarang ini di bawah satu persen, memungkinkan untuk pembukaan kembali ekonomi secara perlahan.

Hingga Selasa (28/4), kementerian kesehatan Austria melaporkan negara itu mencatat 15.256 kasus COVID-19 terkonfirmasi dan 569 kematian. [uh/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG