Tautan-tautan Akses

Badai Beryl di Texas Putus Aliran Listrik 2 Juta Rumah, 2 Orang Tewas


Residents clear debris, assess damages after Hurricane Beryl moves through southern Texas
Residents clear debris, assess damages after Hurricane Beryl moves through southern Texas

Badai tropis Beryl membawa hujan lebat dan angin kencang di sepanjang pantai Texas pada hari Senin (8/7), memutus aliran listrik ke lebih dari dua juta rumah dan tempat usaha, serta membanjiri jalanan dengan air yang naik dengan cepat, berlomba dengan petugas pertolongan pertama yang berusaha menyelamatkan warga yang terjebak.

Badai Beryl sebelumnya telah menghantam sebagian wilayah Meksiko dan Karibia sebelum berbelok dan menyapu daratan Texas sebagai badai kategori 1 hari Senin, hingga kemudian melemah menjadi badai tropis. Sedikitnya dua orang tewas. Pusat Badai Nasional mengatakan bahwa angin yang merusak dan banjir bandang akan terus terjadi seiring pergerakan Beryl lebih jauh ke daratan.

Lebih dari dua juta rumah dan tempat usaha di wilayah Houston kehilangan aliran listrik, menurut pejabat CenterPoint Energy. Wakil gurbernur Texas, Dan Patrick, yang bertindak sebagai pelaksana tugas gubernur selama Greg Abbott berada di luar negeri, mengatakan bahwa timnya tidak bisa memulihkan aliran listrik sebelum angin kencang itu mereda.

Dua orang tewas setelah beberapa pohon tumbang dan menimpa rumah mereka. Keduanya yaitu seorang pria di Humble, pinggiran kota Houston, dan seorang perempuan di Harris County, kata pihak berwenang. Ratusan pohon tumbang di daerah itu, menghantam kendaraan dan menghancurkan rumah warga. [rd/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG