Tautan-tautan Akses

Badai Tropis Franklin Selimuti Hispaniola dengan Hujan Lebat dan Banjir


Warga tampak berjalan di tengah hujan yang mengguyur wilayah Santo Domingo, Republik Dominika, akibat terjangan badai Franklin pada 23 Agustus 2023. (Foto: AP/Ricardo Hernandez)
Warga tampak berjalan di tengah hujan yang mengguyur wilayah Santo Domingo, Republik Dominika, akibat terjangan badai Franklin pada 23 Agustus 2023. (Foto: AP/Ricardo Hernandez)

Badai tropis Franklin, pada Rabu (23/8), menyelimuti wilayah Pulau Hispaniola, yang terletak di antara Republik Dominika dan Haiti.

Badai yang disertai dengan kecepatan angin mencapai 85 kilometer per jam itu bergerak ke arah utara dengan kecepatan 17 kilometer per jam pada Rabu pagi.

Badai tersebut mendarat di sepanjang pantai selatan negara itu dekat Barahona.

Badai Franklin diperkirakan akan berputar-putar di atas pulau tersebut hampir sepanjang hari.

Badan ramalan cuaca memperingatkan badai itu menyebabkan hujan hingga 30 sentimeter di Republik Dominika, dengan curah hujan maksimum mencapai 41 sentimeter di wilayah barat dan tengah negara tersebut.

Sementara itu, hujan hingga 10 sentimeter diperkirakan akan turun di Haiti, dengan hampir 20 sentimeter di wilayah timur negara itu.

Di Republik Dominika, pihak berwenang telah menutup sekolah-sekolah, kantor-kantor lembaga pemerintah dan beberapa bandara. Sedikitnya 24 dari 31 provinsi di negara tersebut berada dalam keadaan siaga penuh.

Direktur Operasi Darurat di Republik Dominika, Juan Manuel Méndez, mengatakan “penduduk Republik Dominika harus berada di tempat yang aman, tanpa kecuali, di rumah mereka, rumah teman dan keluarga, atau di tempat penampungan.”

114 Tewas Akibat Karhutla Hawaii, Sementara Badai Hilary Picu Banjir California
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:50 0:00

Di Karibia, para pejabat sangat prihatin dengan dampak Franklin di Haiti, yang rentan terhadap bencana banjir. Terlebih karena hampir 200.000 orang telah mengungsi akibat kekerasan geng dan kini tinggal di jalanan atau tempat penampungan sementara.

Pada musim yang berakhir tanggal 30 November ini, diperkirakan akan terdapat antara 14 dan 21 badai lagi. [em/jm]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG