Tautan-tautan Akses

Banjir Landa Medan, 2 Tewas


Warga membersihkan rumah rusak akibat banjir di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu, 29 Januari 2020. (Foto: AP)
Warga membersihkan rumah rusak akibat banjir di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Rabu, 29 Januari 2020. (Foto: AP)

Hujan deras di Medan, Sumatera Utara, menyebabkan empat sungai meluap, membanjiri ribuan rumah dan menewaskan sedikitnya dua orang, kata sejumlah pejabat setempat, Jumat (4/12).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setempat mengatakan tim penyelamat sedang mencari enam orang yang hilang, termasuk seorang balita.

Sedikitnya dua orang ditemukan tewas akibat terhanyut banjir, yang dimulai Kamis malam, kata badan tersebut dalam sebuah pernyataannya.

Lebih dari 2.700 rumah terendam banjir di kota yang berpenduduk sekitar 2,9 juta orang itu, sehingga memaksa pihak berwenang untuk memutus pasokan listrik dan air, kata pernyataan tersebut.

Pada hari Jumat (4/12), tim penyelamat berhasil membawa 181 orang ke tempat-tempat penampungan sementara setelah banjir mencapai ketinggian hingga 5 meter di beberapa tempat.

Banjir dan tanah longsor sering terjadi di Indonesia pada musim hujan.

Banjir hebat dan tanah longsor yang melanda Jakarta sebelumnya tahun ini menewaskan lebih dari 60 orang, memaksa ratusan ribu orang mengungsi, dan membuat sebuah bandara ditutup. [ab/lt]

Recommended

XS
SM
MD
LG