Tautan-tautan Akses

Belasan Sakit Akibat Kebocoran Amonia ke-2 dalam Sebulan di Serbia


Peta wilayah Serbia.
Peta wilayah Serbia.

Kebocoran amonia di sebuah kota di luar ibu kota Serbia, Beograd, telah membuat belasan orang sakit dan memaksa rumah-rumah di dekatnya dievakuasi, kata pihak berwenang, Jumat (13/1).

Kebocoran tersebut, insiden kedua dalam waktu kurang dari sebulan, terjadi Kamis malam di sebuah kompleks pabrik di Pancevo, sebuah kota industri di timur laut Beograd, kata pernyataan dari kantor kejaksaan setempat. Kantor itu mengatakan, penyelidikan sedang dilakukan untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab.

Media-media Serbia melaporkan bahwa tangki yang bocor itu diparkir di rel di dalam kompleks industri itu. Daerah itu tetap ditutup pada hari Jumat.

Amonia adalah gas yang sangat mudah terbakar dan beracun yang dapat berbahaya bagi manusia jika terhirup.

Bulan lalu, sebuah kereta barang yang membawa amonia tergelincir di timur Serbia sehingga membuat gas itu terlepas ke udara. Dua orang tewas, dan insiden tersebut menimbulkan kekhawatiran publik atas cara transportasi dan penyimpanan bahan berbahaya.

Sekitar 12 orang mencari pertolongan medis setelah kebocoran Kamis di Pancevo, kata pernyataan jaksa. Mereka dipulangkan dan dalam kondisi baik, kata pernyataan itu. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG