Tautan-tautan Akses

Bencana Kekeringan di Tunisia Dapat Membahayakan Ekosistem Satwa


Flamingo terlihat di laguna Sijoumi yang hampir kering di Tunis, Tunisia, 11 Agustus 2023. (Foto: REUTERS/Jihed Abidellaoui)
Flamingo terlihat di laguna Sijoumi yang hampir kering di Tunis, Tunisia, 11 Agustus 2023. (Foto: REUTERS/Jihed Abidellaoui)

Musim kering yang berkepanjangan di Tunisia dapat membahayakan ekosistem satwa yang biasa tinggal di kawasan tersebut. Danau dan laguna yang terdapat di pesisir Tunisia terlihat kering dan terlalu panas sehingga mengganggu kawanan besar burung yang bermigrasi yang menggunakan lahan basah sebagai tempat persinggahan mereka di antara Afrika dan Eropa.

Laguna Ariana di luar Ibu Kota Tunis kini berubah menjadi hamparan lumpur kering yang retak. Pulau-pulau kecil di mana biasanya burung bersarang kini dikelilingi oleh pasir dan tampak tidak memiliki tanda kehidupan setelah berbulan-bulan dilanda kekeringan dan gelombang panas yang ganas.
Bahkan laguna Sijoumi di dekatnya, di mana air selalu lebih dapat diandalkan, tampak surut setengahnya. Kawanan flamingo yang kerap memenuhi lokasi itu membentuk noda merah muda pucat di sepetak lahan basah dengan latar pinggiran wilayah Tunis yang menjulang di atas bukit.
"Tahun ini Anda bisa mersakan ada bencana lingkungan akibat kekeringan," kata aktivis lingkungan Radhia Haddad, yang mengunjungi lokasi tersebut sejak 2012. "Ini pertama kalinya saya melihat laguna Sijoumi mengering seperti ini."
Flamingo terlihat di laguna Sijoumi yang hampir kering di Tunis, Tunisia 10 Agustus 2023. (Foto: REUTERS/Jihed Abidellaoui)
Flamingo terlihat di laguna Sijoumi yang hampir kering di Tunis, Tunisia 10 Agustus 2023. (Foto: REUTERS/Jihed Abidellaoui)
Menjorok ke Mediterania menuju Sisilia, Tunisia berada di jalur migrasi utama bagi ratusan spesies burung dan lahan basahnya yang luas adalah surga bagi burung-burung yang mengarungi perjalanan ke utara melintasi Sahara atau selatan dari Kutub Utara dan Eropa utara.
Bulan lalu, terdapat satu titik di mana suhu di Tunis mencapai 49 derajat Celcius, pertanda musim panas yang jauh lebih panas yang dalam beberapa tahun terakhir menyertai musim dingin yang jauh lebih kering karena perubahan iklim melanda Afrika Utara.
Sijoumi dan belasan laguna besar lainnya serta danau pedalaman mengelilingi pantai Tunisia di belakang pantai emas panjang tempat turis Eropa terbang selama musim panas.

Hingga hujan badai yang melanda kawasan itu pada Juni yang jarang terjadi, Sijoumi sering kali kering. Para satwa dan burung lain yang bersarang di antara alang-alang, air, dan lumpur tempat babi hutan mencari makan menjelang fajar berisiko kehilangan tempat tinggal musiman mereka.

"Kekeringan panjang tahun ini secara signifikan berdampak pada banyak sistem lingkungan, khususnya lahan basah," kata Haddad. Tahun ini, kata dia, sama sekali tidak ada sarang di sana, katanya.

Hicham Azafzaf, koordinator ilmiah Asosiasi Pecinta Burung Tunisia, mengatakan dia belum pernah melihat lahan basah kering seperti itu selama 20 tahun memantaunya.
Namun, meskipun musim panas ini sangat buruk, kondisi tersebut mengikuti tren yang lebih lama yang berdampak jelas pada burung.
Flamingo terlihat di laguna Sijoumi di Tunis, Tunisia, 10 Agustus 2023. (Foto: REUTERS/Jihed Abidellaoui)
Flamingo terlihat di laguna Sijoumi di Tunis, Tunisia, 10 Agustus 2023. (Foto: REUTERS/Jihed Abidellaoui)

"Ada beberapa spesies yang tidak lagi datang ke Tunisia pada musim dingin," kata Azafzaf. Sekitar 30.000 angsa wajah putih yang lebih besar biasa melewati musim dingin di Taman Nasional Ichkeul di sebelah barat Tunis setiap tahun, tetapi pada Januari ini hanya 400-600 yang datang, tambahnya.

Perubahan iklim bukan satu-satunya bahaya bagi lahan basah Tunisia, katanya. Kota-kota tumbuh lebih dekat ke tepi laguna dan puing-puing dan limbah semakin sering dibuang di atau dekat air.

Namun laguna dan lahan basah lainnya juga tetap penting bagi manusia, di mana ia memiliki peran untuk mengatur suhu lokal selama gelombang panas dan membantu mencegah banjir berbahaya dengan menyerap curah hujan dari badai yang datang secara tiba-tiba. [ah/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG