Tautan-tautan Akses

Biden akan Tinjau Kerusakan Akibat Badai Milton di Florida


Puing-puing dari rumah-rumah yang hancur akibat Badai Milton berserakan di sekitar rumah-rumah yang masih berdiri di Manasota Key, Florida, 12 Oktober 2024. (Foto: AP)
Puing-puing dari rumah-rumah yang hancur akibat Badai Milton berserakan di sekitar rumah-rumah yang masih berdiri di Manasota Key, Florida, 12 Oktober 2024. (Foto: AP)

Biden di Florida dijadwalkan mengumumkan dana sebesar $ 612 juta untuk enam proyek Departemen Energi di wilayah yang terdampak badai.

Presiden Joe Biden akan meninjau kehancuran yang ditimbulkan oleh Badai Milton di pesisir Teluk Florida pada Minggu (13/10), seiring desakannya kepada Kongres untuk menyetujui tambahan pendanaan darurat bencana. Wakil Presiden Kamala Harris akan menggunakan hari keduanya di North Carolina yang terdampak parah badai Helene, untuk hadir di sebuah gereja warga Kulit Hitam dan melakukan kampanye.

Kunjungan Biden ke wilayah St. Petersburg memberinya kesempatan lain untuk mendesak Ketua DPR Mike Johnson, agar Kongres menyetujui lebih banyak dana bantuan, sebelum pemilu 5 November. Johnson sebelumnya mengatakan masalah ini akan ditangani setelah tanggal tersebut.

"Saya pikir Ketua DPR Johnson akan memengambil tindakan, khususnya untuk pengusaha kecil,” kata Biden kepada wartawan ketika ia dan Harris bertemu dengan para ajudannya pada Jumat guna membahas tanggapan federal terhadap Badai Milton dan Helene. Biden dan Johnson belum membicarakan masalah ini secara langsung.

Sebuah rumah pantai hancur setelah Badai Milton menerjang Manasota Key, Florida, AS, 11 Oktober 2024. (Foto: Ricardo Arduengo/Reuters)
Sebuah rumah pantai hancur setelah Badai Milton menerjang Manasota Key, Florida, AS, 11 Oktober 2024. (Foto: Ricardo Arduengo/Reuters)

Biden di Florida dijadwalkan mengumumkan dana sebesar $ 612 juta untuk enam proyek Departemen Energi di wilayah yang terdampak badai. Dana itu digunakan untuk meningkatkan ketahanan jaringan listrik di wilayah tersebut, kata Gedung Putih. Pendanaan itu mencakup $94 juta untuk dua proyek di Florida, $47 juta untuk Gainesville Regional Utilities dan $47 juta untuk Switched Source yang bermitra dengan Florida Power and Light.

Calon presiden dari Partai Demokrat, Kamala Harris mengunjungi Raleigh pada Sabtu untuk bertemu dengan para pemimpin kulit hitam terpilih dan pemimpin agama. Ia juga membantu para sukarelawan mengemas barang-barang perawatan pribadi untuk dikirimkan ke para korban badai Helene di bagian barat negara bagian itu.

Harris menghabiskan hari Minggu di Greenville, berencana untuk berbicara selama kebaktian gereja, sebagai bagian dari upaya kampanyenya yang bertajuk "Souls to the Polls" atau “Jiwa menuju TPS” guna menarik pengunjung gereja warga kulit hitam, sebelum Hari Pemilu.

Dalam waktu kurang dari empat minggu sebelum hari pemilu, soal bencana badai ini menambah dimensi lain pada persaingan ketat pemilihan presiden.

Calon presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan, tanggap terhadap badai yang dilakukan pemerintahan Biden kurang, khususnya di North Carolina setelah Badai Helene.

Badai Milton menghantam Florida sebagai badai berkategori 3 pada Rabu malam. Sedikitnya 10 orang tewas dan ratusan ribu warga tidak mendapat aliran listrik.

Para pejabat mengatakan, jumlah korban bisa lebih banyak jika evakuasi yang meluas tidak dilakukan. Kehancuran yang masih baru, yang ditimbulkan oleh badai Helene dua minggu sebelumnya, mungkin memaksa banyak orang untuk mengungsi. [ps/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG