Tautan-tautan Akses

Biden Minta Anggota Partai Demokrat di Kongres ‘Akhiri’ Perdebatan terkait Kampanye Pemilihannya Kembali


Presiden AS Joe Biden berbicara dalam sebuah kampanye di Harrisburg, Pennsylvania, pada 7 Juli 2024. (Foto: Reuters/Nathan Howard)
Presiden AS Joe Biden berbicara dalam sebuah kampanye di Harrisburg, Pennsylvania, pada 7 Juli 2024. (Foto: Reuters/Nathan Howard)

Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada anggota Kongres dari Partai Demokrat melalui suratnya pada hari Senin (8/7) bahwa ia teguh dalam keputusannya untuk mencalonkan diri kembali dan mengatakan sudah waktunya bagi partai tersebut untuk “mengakhiri” drama mengenai apakah ia akan mundur karena kinerjanya yang banyak dihujat dalam perdebatan baru-baru ini melawan mantan Presiden Donald Trump.

Sejumlah kecil anggota parlemen Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat AS secara terbuka meminta Biden, yang berusia 81 tahun, untuk mengakhiri kampanye pemilihannya kembali. Banyak anggota lainnya yang secara pribadi menyuarakan pendapat yang sama sejak Biden, yang terlihat dan terdengar kelelahan, berulang kali kehilangan pemikirannya saat melangsungkan debat tatap muka dengan Trump pada 27 Juni lalu.

Senator Demokrat Mark Warner dalam sebuah pernyataan Senin (8/7) sore mengatakan bahwa masa jabatan Trump lainnya akan berbahaya bagi supremasi hukum dan demokrasi.

Namun dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa “adalah kewajiban Presiden untuk lebih agresif menyampaikan pendapatnya kepada rakyat Amerika, dan mendengar langsung dari kelompok yang lebih luas tentang cara terbaik untuk mencegah Trump yang tidak menghargai hukum agar tidak kembali ke Gedung Putih.”

Seusai reses, kedua majelis di Kongres kembali ke Washington pada hari Senin untuk pertama kalinya sejak kinerja debat Biden yang buruk.

Legislator Adam Smith, yang merupakan anggota Komite Layanan Senjata di DPR AS, mengatakan dalam pernyataan pada Senin, “penampilan buruk presiden dalam sesi debat sangat tak enak dilihat dan warga AS dengan jelas menyatakan bahwa mereka tidak melihat [Biden] sebagai kandidat yang kredibel untuk menjabat empat tahun lagi.”

Namun, Biden telah menolak seruan untuk mundur dari pemilihan, dengan mengatakan bahwa hanya “Tuhan yang Maha Kuasa” yang dapat menghentikannya.

Ia mengatakan kepada para anggota DPR AS asal Partai Demokrat bahwa “pertanyaan tentang bagaimana untuk melangkah ke depan telah mengemuka dengan baik dalam seminggu terakhir. Saatnya untuk menghentikan itu.”

“Saya ingin Anda sekalian tahu bahwa walalupun banyak spekulasi beredar di media dan di mana pun, saya dengan tegas berkomitmen untuk tetap berada dalam pemilihan, untuk berjuang hingga akhir, dan untuk mengalahkan Donald Trump,” tulis Biden. [my/uh/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG