Tautan-tautan Akses

Biden, Pimpinan Kongres Akan Bahas Bantuan Ukraina dan Hindari Penutupan Pemerintah


FILE - Gedung Putih terlihat saat matahari terbenam di Washington, D.C., 26 Januari 2024.
FILE - Gedung Putih terlihat saat matahari terbenam di Washington, D.C., 26 Januari 2024.

Presiden AS Joe Biden, Selasa (27/2), akan menerima para pemimpin kongres di Gedung Putih. Mereka akan membahas upaya mendapatkan bantuan miliaran dolar bagi Ukraina dan menghindari kemungkinan penutupan pemerintah AS.

Ketua fraksi Demokrat yang mayoritas di Senat, Chuck Schumer, ketua fraksi Republik yang minoritas di Senat, Mitch McConnell, Ketua DPR Mike Johnson, dan ketua fraksi Demokrat yang minoritas di DPR Hakeem Jeffries dijadwalkan hadir dalam diskusi tersebut.

Senat yang dikuasai fraksi Demokrat menyetujui rancangan undang-undang keamanan bipartisan $95 miliar awal bulan ini. Anggaran itu mencakup $61 miliar untuk Ukraina, $14 miliar untuk Israel, hampir $5 miliar untuk mendukung mitra di Indo-Pasifik, termasuk Taiwan, dan bantuan lainnya.

Johnson telah berjanji tidak akan membahas rancangan undang-undang itu dalam pemungutan suara di DPR. Ia beralasan bahwa rakyat Amerika menginginkan anggota DPR berfokus pada masalah dalam negeri, termasuk keamanan perbatasan, daripada mengirim bantuan ke luar negeri.

Schumer mengatakan pada Selasa bahwa tidak mendukung Ukraina akan menunjukkan kepada sekutu bahwa mereka tidak bisa mengandalkan Amerika Serikat.

Para pemimpin menghadapi tenggat Jumat untuk menyepakati pendanaan beberapa bagian pemerintahan, termasuk pertanian, transportasi dan sebagian layanan veteran. Tenggat lainnya menunggu seminggu kemudian ketika pendanaan untuk seluruh pemerintahan akan berakhir. [ka/ns]

Forum

XS
SM
MD
LG