Tautan-tautan Akses

Blinken Kembali Menuju Israel untuk Dorong Gencatan Senjata di Gaza


Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berangkat ke Timur Tengah pada Senin (21/10) waktu AS, kata Departemen Luar Negeri AS. Washington sedang mendorong dimulainya negosiasi gencatan senjata untuk mengakhiri perang Gaza setelah kematian pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Vedant Patel, wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS, mengatakan kepada wartawan bahwa perjalanan menlu AS itu akan dimulai dengan Israel, tetapi tidak menyebutkan tujuan pasti lainnya.

Blinken akan membahas upaya “mengakhiri perang di Gaza, mengamankan pembebasan semua sandera, dan meringankan penderitaan rakyat Palestina,” kata Patel.

“Ia akan melanjutkan diskusi dengan rekan-rekannya mengenai perencanaan masa pascakonflik dan menekankan perlunya membuka jalan baru yang memungkinkan rakyat Palestina membangun kembali hidup mereka dan mewujudkan aspirasi mereka untuk terbebas dari kezaliman Hamas.”

Perjalanan terbaru Blinken ke kawasan itu, yang merupakan perjalanannya yang ke-11 kali sejak kelompok militan Palestina Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023 dan memicu kembali perang Gaza, dilakukan bahkan ketika Israel meningkatkan kampanye militernya di Gaza dan Lebanon untuk melawan milisi yang didukung Iran, Hizbullah. [rd/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG