Tautan-tautan Akses

Boeing Jual 50 Pesawat 737 MAX ke Allegiant Air


Pesawat Boeing 737 MAX
Pesawat Boeing 737 MAX

Perusahaan pesawat Boeing mencapai kesepakatan untuk menjual 50 pesawat jenis 737 MAX-nya ke maskapai penerbangan murah AS, Allegiant Air. Kesepakatan itu disertai dengan opsi untuk bisa membeli 50 lagi, kata perusahaan yang mengumumkan transaksi itu hari Rabu (5/1).

“Penambahan hingga 100 pesawat 737 Max langsung dari pabriknya, akan bermanfaat banyak untuk masa depan,” kata Maurice J. Gallagher, Jr., Kepala dan CEO Allegiant, yang kini menjalankan armada yang terdiri dari perusahaan pesawat Airbus, saingan Boeing.

Sementara itu, raksasa maskapai penerbangan Eropa, Ryanair hari Rabu mengumumkan penurunan tujuh persen dalam jumlah penumpang bulan lalu, karena varian Omicron memicu pembatasan selama musim perjalanan utama Natal.

Tetapi untuk mendorong penjualan tiket maskapai murah Irlandia itu dan lainnya, Inggris hari Rabu dilaporkan mengumumkan pembatalan tes virus corona pra-keberangkatan bagi pelancong yang tiba.

Ryanair mengatakan jumlah penumpang menjadi 9,5 juta pada Desember, turun dari 10,2 juta pada November. Angka itu adalah tingkat terendah sejak Juli.

Ryanair bulan lalu mengatakan, Omicron akan berdampak kuat pada kinerja keuangannya dan waktu itu melipatgandakan ramalan kerugian tahunannya dan mengurangi penerbangan. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG