Tautan-tautan Akses

Boko Haram Tewaskan Sedikitnya 43 di Nigeria


Relawan membawa senjata di kawasan Jiddari Polo di Maiduguri, Nigeria, setelah serangan militan Boko Haram, 27 April 2018.
Relawan membawa senjata di kawasan Jiddari Polo di Maiduguri, Nigeria, setelah serangan militan Boko Haram, 27 April 2018.

Milisi mengatakan kepada AFP bahwa Boko Haram menewaskan sedikitnya 43 buruh tani dan melukai enam lainnya di sejumlah sawah di dekat Kota Maiduguri, Nigeria timur laut, pada Sabtu (28/11).

Milisi mengatakan para pelaku mengikat para korban dan menggorok leher mereka di Desa Koshobe.

"Kami telah menemukan 43 jenazah, semuanya dibantai, serta enam orang lain yang luka parah," kata pemimpin milisi Babakura Kolo, yang membantu para korban selamat.

"Tidak diragukan lagi ini pekerjaan Boko Haram yang beroperasi di wilayah itu dan sering menyerang para buruh tani."

Para korbannya adalah buruh tani dari negara bagian Sokote di Nigeria barat laut, sekitar 1.000 kilometer jauhnya. Ibrahim Liman, seorang milisi lain, mengatakan mereka datang ke wilayah timur laut untuk mencari pekerjaan.

"Ada 60 buruh tani yang dikontrak untuk memanen padi. Empat puluh tiga dibantai, enam terluka," kata Liman.

Katanya, delapan lainnya hilang, diduga diculik oleh para pelaku.

Seluruh jenazah dibawa ke desa Zabarmari yang berjarak 2 kilometer untuk disemayamkan sebelum dimakamkan pada Minggu (29/11), kata seorang warga Mala Bunu, yang ikut dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Bulan lalu, para militan Boko Haram membantai 22 buruh tani yang bekerja di lahan irigasi dekat Maiduguri dalam dua insiden terpisah. [vm/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG