Tautan-tautan Akses

California Bersiap Hadapi Terjangan Badai


Kota Danau Mammoth, California, saat hujan salju lebat, Kamis, 9 Desember 2021. (Dakota Snider/Mammoth Lakes Tourism via AP)
Kota Danau Mammoth, California, saat hujan salju lebat, Kamis, 9 Desember 2021. (Dakota Snider/Mammoth Lakes Tourism via AP)

Wilayah Barat AS bersiap menghadapi badai besar musim dingin hari Senin, yang menimbulkan masalah perjalanan, ancaman banjir lokal, sekaligus kelegaan dalam musim gugur yang hangat tidak seperti biasanya.

Hujan ringan dan salju turun di wilayah utara California pada hari Minggu. Badai beberapa hari dapat menurunkan salju hingga ketinggian 2,4 meter lebih pada puncak tertingginya dan mengguyur bagian-bagian lain California saat bergerak menuju arah selatan dan timur sebelum meninggalkan daerah itu pada pertengahan pekan ini.

Pakar cuaca dari Dinas Cuaca Nasional Anna Wanless di Sacramento mengatakan sebagian besar California, akan diguyur hujan dan salju.

Guyuran ini akan menimbulkan kelegaan sementara ke wilayah yang lebih luas yang telah dilanda kekeringan akibat perubahan iklim. Pemantau kemarau terbaru AS menunjukkan beberapa daerah di Montana, Oregon, California, Nevada dan Utah mengalami kekeringan luar biasa, termasuk ke kategori terburuk.

Lalu lintas yang bergerak lambat di Kota Danau Mammoth, California, saat hujan salju lebat pada Kamis, 9 Desember 2021. (Foto: Pariwisata Danau Mammoth via AP)
Lalu lintas yang bergerak lambat di Kota Danau Mammoth, California, saat hujan salju lebat pada Kamis, 9 Desember 2021. (Foto: Pariwisata Danau Mammoth via AP)

Sebagian besar waduk yang mengalirkan air ke negara bagian, kota, suku, petani dan layanan umum bergantung pada lelehan salju pada musim semi.

Badai pekan ini umum terjadi pada musim ini. Tetapi badai kali ini penting karena merupakan guyuran salju besar pertama yang diperkirakan akan sangat mengganggu perjalanan dengan es dan salju di jalan-jalan, angin kencang dan jarak pandang terbatas, kata Wanless. Para pengemudi di beberapa jalur pegunungan hari Minggu harus melapisi ban kendaraan mereka dengan rantai.

Para pejabat mendesak warga untuk menunda perjalanan dan tetap berada di dalam rumah. Berdasarkan prakiraan cuaca, hujan dapat menyebabkan banjir ringan dan batu longsor, terutama di daerah yang telah dilanda kebakaran hutan. Kantor sherif San Bernardino County mengeluarkan peringatan evakuasi untuk beberapa daerah, dengan alasan kemungkinan banjir. Para pejabat dinas kebakaran Los Angeles County mendesak warga untuk mewaspadai kemungkinan banjir lumpur.

Para peramal cuaca juga menyatakan angin kencang yang menyertai badai dapat menyebabkan listrik padam. Karly Hernandez, juru bicara Pacific Gas & Electric, mengatakan layanan listrik di sebagian besar California tidak mengalami pemadaman pada hari Minggu. Petugas dan peralatan dikerahkan di berbagai penjuru negara bagian itu untuk menanggapi dengan cepat jika listrik padam, kata Hernandez. [uh/ka]

XS
SM
MD
LG