Tautan-tautan Akses

Charlize Theron Luncurkan Inisiatif untuk Lawan Kekerasan Berbasis Gender


Charlize Theron saat menghadiri 2019 Governors Awards di Dolby Ballroom, Los Angeles, 27 Oktober 2019. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)
Charlize Theron saat menghadiri 2019 Governors Awards di Dolby Ballroom, Los Angeles, 27 Oktober 2019. (Foto: Jordan Strauss/Invision/AP)

Aktris Charlize Theron dan yayasannya berkomitmen memberikan $1 juta atau sekitar Rp 15,6 miliar untuk upaya mengatasi perebakan virus corona. Separuh dari bantuan itu diperuntukkan untuk mengatasi aksi kekerasan berbasis gender akibat wabah itu.

The Charlize Theron Africa Outreach Project, Rabu (22/4), mengumumkan bahwa separuh dari inisiatif yang disebut “Together for Her” - yang bernilai $500 ribu – akan disalurkan pada tempat-tempat penampungan korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan program berbasis masyarakat yang berupaya mengatasi aksi kekerasan berbasis gender.

Para aktivis mengingatkan bahwa KDRT merupakan salah satu bahaya utama dalam pandemi ini karena perintah lockdown membuat sebagian perempuan yang terjebak di rumah bersama pelaku kekerasan, tanpa bisa mengelak. Anak-anak juga terancam.

Menurut pernyataan yayasan tersebut, aktris pemenang Oscar itu akan mendukung upaya-upaya di Amerika dan Afrika Selatan.

Dana tambahan akan diberikan bagi dua organisasi mitranya di dalam dan luar negeri, yaitu CARE dan Entertainment Industry Foundation.

“Ketika perebakan virus corona di seluruh dunia memaksa orang berada di dalam rumah, kehidupan menjadi lebih berbahaya bagi sebagian perempuan yang mengalami KDRT, khususnya mereka yang paling terpinggirkan dan berisiko tinggi mengalami aksi kekerasan,” demikian petikan pernyataan itu.

Ditambahkan, donasi bagi “Together for Her” akan ditujukan bagi layanan langsung seperti tempat penampungan, konseling, layanan telepon 24 jam, intervensi krisis, layanan kesehatan, layanan hukum dan berbagai bentuk dukungan bagi perempuan dan anak-anak yang mengalami KDRT.

“Charlize dan tiga organisasi ini menyerukan kepada perempuan dan organisasi berpengaruh lainnya untuk bersama-sama menyediakan ruangan yang aman dan program yang dapat menyelamatkan perempuan-perempuan ini,” tambahnya. [em/pp]

XS
SM
MD
LG