Tautan-tautan Akses

China akan Gelar Sidang Parlemen 'Stempel Karet'


Spanduk bergambar Presiden China Xi Jinping di depan Gedung Kongres Rakyat Nasional (NPC), di Shanghai, China 1 Maret 2021. (REUTERS / Aly Song)
Spanduk bergambar Presiden China Xi Jinping di depan Gedung Kongres Rakyat Nasional (NPC), di Shanghai, China 1 Maret 2021. (REUTERS / Aly Song)

China diperkirakan akan memuji-muji kinerja ekonominya yang kuat selama pandemi dan mengungkapkan tujuan jangka panjang perekonomiannya, dalam pertemuan tahunan badan legislatif seremonialnya mulai Jumat (5/3) di Beijing.

Ribuan delegasi akan menghadiri sesi Kongres Rakyat Nasional (NPC) dan pertemuan paralel badan penasihat politik. Kedua pertemuan itu akan berlangsung di tengah-tengah protokol virus corona yang ketat di ibu kota.

Banyak kegiatan dalam acara yang disebut dua sesi itu akan dilangsungkan lewat video untuk memastikan jarak sosial. Sejumlah besar jurnalis juga tidak akan hadir, karena hanya media yang berbasis di Beijing yang dapat hadir.

Suasana pertemuan mungkin masih bersifat perayaan, karena China sedang bersiap-siap merayakan peringatan 100 tahun Partai Komunis dan menyoroti upaya pengendalian virus coronanya, yang menyebabkan ekonominya pulih dengan cepat.

China, di mana virus corona pertama kali muncul, merupakan satu-satunya ekonomi besar dunia yang mengalami pertumbuhan pada tahun 2020. Sementara perekonomian AS menyusut 3,5 persen, China mengalami pertumbuhan 2,3 persen.

“China kembali ke jalur pertumbuhan awal sebelum COVID-19 pada kuartal keempat, yang sangat mengesankan, mengingat sebagian besar negara-negara lain diperkirakan baru kembali pulih dalam waktu dua atau tiga tahun,” kata Anwita Basu, kepala Asia Country di perusahaan pemeringkat Fitch Ratings.

NPC, yang terdiri dari hampir 3,000 delegasi, dianggap sebagai parlemen “stempel karet”. Di antara tugas-tugas terpentingnya adalah langsung mengesahkan keputusan yang sudah dibuat oleh Partai Komunis, yang mendominasi hampir setiap aspek politik China.

Meski demikian kedua sesi itu masih diawasi secara cermat baik untuk tren umum dan keputusan spesifik, yang dapat muncul berupa pernyataan kebijakan yang padat kata-kata atau konferensi pers yang diatur secara rapi oleh para pejabat senior. [lj/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG