Tautan-tautan Akses

China Bebaskan Sejumlah Produk AS dari Kenaikan Tarif


Menteri Keuangan China merilis daftar 16 produk AS yang tidak akan dikenai tarif tambahan. (Foto: ilustrasi)
Menteri Keuangan China merilis daftar 16 produk AS yang tidak akan dikenai tarif tambahan. (Foto: ilustrasi)

China mengatakan, pihaknya akan membebaskan sejumlah produk AS dari putaran terbaru pemberlakuan tarif balasan yang dipicu oleh perang dagang yang meningkat antara dua ekonomi terbesar di dunia itu.

Menteri Keuangan China merilis daftar 16 produk yang tidak akan dikenai tarif tambahan, termasuk udang, pelumas industri, mesin pemberantas kanker, minyak pelumas dan sejumlah bahan kimia lain. Pengecualian itu mulai diterapkan 17 September dan akan berlaku selama satu tahun.

Washington dan Beijing terlihat dalam serangkaian perang tarif selama lebih dari setahun, yang dipicu oleh tuntutan awal Presiden AS Donald Trump agar China mengubah praktik-praktik perdagangan, subsidi dan kekayaan propertinya.

Putaran baru peningkatan tarif mulai berlaku 1 September, ketika Trump memberlakukan tarif 15 persen pada produk China senilai 112 miliar dolar, termasuk peralatan olahraga, pakaian olahraga, alat musik, dan mebel.

China kemudian membalasnya dengan menaikan tarif hingga 10 persen pada produk AS senilai 75 miliar dolar untuk produk AS yang diekspor ke China, termasuk, jagung, daging babi, marmer, dan ban sepeda.

Para perunding dari kedua negara akan bertemu bulan ini untuk mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk putaran baru pembicaraan tingkat tinggi yang akan diselenggarakan bulan depan di Washington. Putaran terakhir pembicaraan yang diselenggarakan Juli lalu berakhir tanpa kesepakatan berarti untuk mengakhiri kebuntuan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG